Refleksi Tugas Derap Juang di Hari Kebebasan Pers Internasional

0
Calon Kader Komunitas Juang Kabupaten Temanggung, Farid Akbar Arifandi

Kabupaten Temanggung – Peringatan Hari Kebebasan Pers Internasional merupakan sebuah momentum penting untuk merefleksikan kritisisme rakyat di sistem demokrasi. Sebagai konstituensi yang mengakomodasi aspirasi rakyat, Pers ini diharapkan senantiasa memberikan kontribusi positifnya tentu dengan memperhatikan aspek objektivitas dan intensivitas.

Paradigma masyarakat terkait sistem sosial-politik memposisikan Pers menjadi pilar keempat demokrasi, walaupun eksistensinya ini tidak mempunyai landasan teoritis klasik. Akan tetapi, hal ini merupakan sebuah marwah yang mesti diembang dengan baik oleh Pers, karena perannya akan membawa signifikansi terhadap dewasanya sistem demokrasi sebuah bangsa.

Keberadaan Derap Juang sebagai bagian dari Pers yang dimiliki oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah merupakan bukti nyata komitmen Partai menyajikan aspek transparansi kepada masyarakat. Fungsi utama artai merupakan kendaraan untuk memperjuangkan aspirasi rakyat serta mempunyai tanggung jawab etis berupa kaderisasi.

Perjuangan partai dalam mengabdi kepada rakyat marhaen ini perlu untuk mendapatkan attensi masyarakat, karena merupakan bagian penting dari monitoring demokrasi. Ekspose Pers terhadap partai bukanlah sebatas propaganda untuk mendulang elektabilitas, akan tetapi tentang bagaimana upaya untuk terus menunjukkan komitmen dan konsistensi partai dalam rangka memperjuangkan cita-cita rakyat marhaen.

Calon Kader Komunitas Juang Kabupaten Temanggung, Farid Akbar Arifandi

Proses kaderisasi partai dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai Kapasitas, Kompetensi, dan Kapabilitas (3K) merupakan tanggung jawab etis yang harus dilaksanakan dengan optimal oleh partai. 3K ini merupakan modal bagi partai dalam rangka mempersiapkan guna memperjuangkan cita-cita rakyat dan memandang pergerakannya sebagai sebuah pengabdian.

Hal ini juga bisa terimplementasikan melalui media internal partai seperti halnya sebuah entitas Pers yang menyajikan berita infornatif, faktual, dan aktual terkait dengan fungsi kepartaian. Derap Juang dimana korespondennya merupakan kader partai yang telah ditempa 3K-nya ini diharapkan senantiasa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, utamanya melalui track di bidang pemberitaan.

Baca Juga :   Ragil Tresna Minta Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tegal Dipercepat

Farid Akbar Arifandi seorang Calon Kader Komunitas Juang Kabupaten Temanggung menuturkan tentang posisi strategis yang dimiliki oleh Derap Juang sebagai media internal partai. “Derap Juang adalah media internal partai yang tentu diharapkan oleh masyarakat terutama para millenial untuk menunjukkan kinerja partai dalam rangka merealisasikan cita-cita rakyat. Melalui momentum ini, Derap Juang saya harapkan senantiasa membawa obor bagi masyarakat dengan terus menyajikan konten berita yang informatif, aktual, dan faktual. Derap Juang adalah bagian dari pilar keempat demokrasi yang senantiasa menyajikan transparansi kepada publik. Hal ini pasti memiliki signifikansi bagi terbentuknya kepercayaan publik kepada partai,” tutur Farid ditemui di Sanggarahan, Kedu.

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here