Refleksi Hari Menanam Pohon Indonesia, Bupati Demak Tanam Mangrove di Lahan Seluas 500 Hektare

0
Foto: Penanaman Pohon oleh Bupati dan stakeholder terkait

Kabupaten Demak – Bersama Bank Mandiri dan perwakilan civitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM), Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah melakukan penanaman pohon Mangrove di tanah seluas 500 hektare di Desa Bedono, Kec. Sayung, Kab. Demak.

Kegiatan yang dilakukan pada Senin (28/11/2022) itu memiliki fokus untuk mengusung misi ekonomi berkelanjutan dan mendukung pengurangan emisi karbon.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Bupati, bahwa sebagai tahap awal ini kegiatan dilakukan dengan menggandeng PSE UGM dengan memanfaatkan pendekatan kolaborasi Pentahelix yang melibatkan pemangku kepentingan lokal.

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai refleksi dalam menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia yang bekerja sama dengan Bank Mandiri dan UGM dengan memanfaatkan konsep Nature-Based Solution (NBS). Kemudian juga didukung pendekatan kolaborasi Pentahelix dengan melibatkan pemangku kepentingan setempat,” jelasnya kepada Koresponden.

Ditambahkan oleh Mbak Eisti, sapan akrab Bupati, apabila proyek ini diharapkan menjadi ruang Revitalisasi berkelanjutan yang akan diperkenalkan di dalamnya sebuah metode inovatif dan praktik terbaik yang akan terus memperluas jaring kerja sama.

“Proyek ini akan menghindari banjir dan erosi lebih lanjut di pantai, termasuk kolam budidaya. Tanpa adanya proyek ini, erosi pantai akan terus berlanjut dan tanah pesisir pantai utara akan terus hilang,” pungkasnya.

Koresponden : Hana – Rahmad 

Baca Juga :   Kepada Pelajar, Bambang Beri Pengarahan Bahaya Narkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here