Realokasi Anggaran Sebesar 35,59M untuk Penanganan Covid-19

0
111

Kabupaten Wonosobo – Menyikapi instruksi dari pemerintah pusat, Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Wonosobo, Afif Nur Hidayat menyampaikan bahwa PDI Perjuangan Wonosobo siap mengawal Realokasi Anggaran untuk penanganan Covid-19 ini.

Senin (27/4/2020), anggaran yang dikelola oleh (APBD) baik bersumber dari pusat dalam bentuk (DAU, DAK) maupun yang bersumber dari Provinsi dalam bentuk bantuan Keuangan Provinsi hingga (APBD) yang bersumber dari pendapatan asli daerah. Setiap kegiatan di luar pencegahan dan penanganan Covid-19 ditunda terlebih dahulu, untuk kemudian dialihkan sebagai pemenuhan kebutuhan dalam memutus rantai persebaran Covid-19.

“Kita akan tetap mendukung upaya Pemkab untuk melakukan Realokasi Anggaran sebagai upaya penanganan Covid-19 di Kab. Wonosobo sesuai Perpu No. 1 Tahun 2020. Kita sudah melakukan rapat Pimpinan, rapat Badan Anggaran dan sudah kita putuskan untuk tahap pertama. Kalkulasi dari Pemkab ada 35,59M untuk penanganan Covid-19, diantaranya digunakan untuk pembelian APD hingga estimasi jaring pengaman sosial. Kemudian tahap kedua, penjabaran APBD kita total terdapat 90M lebih,” ujar Nur Hidayat.

Untuk segala kegiatan kita akan mengurangi, mulai dari Dewan sudah mengurangi untuk perjalanan Dinas hingga kegiatan internal Sekwan pun telah kita kurangi. Kemudian dari pokok-pokok pikiran Anggota Dewan kita akan segera kurangi, karena tahun 2020 banyak kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan.

Koresponden: Rendy Safaat dan Hildan Nur Karim

Baca Juga :   Kader Komunitas Juang Cilacap Jalankan Usaha "Gula Semut"