Kabupaten Pati – Terdapat sebuah fenomena perbeda pada Rapat Paripurna DPRD Kab. Pati Tahap 1 Tahun Anggaran 2022. Hal ini pasalnya pada Rapurna tersebut Ali Badrudin menyoroti bagaimana pelayanan publik yang masih banyak dikeluhkan oleh masyarakat, Senin (06/06/2022).
Hal tersebut didukung dengan data dari hasil laporan reses, di mana hampir semua daerah pemilihan (dapil) menyoroti tentang pelayanan publik. Seperti di Dapil 1 pelayanan umum untuk e-KTP, KK, akta kelahiran dan kematian, hingga pelayanan BPJS yang diharapkan prosedurnya agar lebih dimudahkan lagi.
Selain itu masyarakat juga memohon agar proses perizinan-perizinan lebih mudah dan tidak berbelit-belit karena pelayanan yang cepat, mudah dan murah di bidang perizinan juga sangat diharapkan oleh masyarakat.
Masyarakat juga ingin pelayanan publik secara luas dengan menyoroti persoalan pelayanan administrasi kependudukan. Antara lain terkait dengan pencetakan KTP dan KK di kecamatan agar lebih dimudahkan lagi. Masyarakat juga meminta agar pelayanan administrasi tersebut ada di setiap kecamatan dan desa, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.
“Melihat lebih dekat berbagai permasalahan di daerah pemilihan masing-masing, sehingga dapat menampung serta memberikan masukan penyelesaian yang lebih komprehensif. Sehingga melalui reses ini, kami dapat mengumpulkan data dan informasi yang bermanfaat untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan bagi DPRD,” ucap Ali Badrudin.
Pada akhir Rapurna itu dirinya juga ingin bagaimana agar pelayanan publik betul-betul mampu bermanfaat bagi konstituen. Sehingga untuk selanjutnya, laporan reses ini akan diserahkan kepada Bupati Pati guna dijadikan bahan pertimbangan dalam perencanaan pembangunan daerah secara tepat-cepat.
Koresponden : Ita