Ramadhan Bulan untuk Menambah Ketakwaan

0

Kota Semarang – Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkati oleh Allah SWT, bulan yang penuh rahmat Allah SWT, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, bulan yang penuh ampunan Allah SWT, dan bulan yang di dalamnya terdapat kewajiban bagi umat Islam untuk berpuasa. Hal ini didasarkan pada Q.S. Al-Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa”.

Secara edukatif, Ramadhan adalah bulan pendidikan, kenapa? Karena selama sebulan penuh kita dididik untuk menjadi manusia yang unggul dan berkualitas, caranya dengan meningkatkan kuantitas dalam beribadah dan bermualamah. Maka yang terpenting ialah meneguhkan kepribadian dalam menjalankan ibadah bulan Ramadhan.

Sebagai seorang muslim, tentu tidak ingin melewatkan momen berharga ini. Secara isyarat, ibadah puasa Ramadhan membentuk insan bertakwa, yaitu pribadi manusia yang memiliki dimensi yang tinggi dan memiliki dimensi yang sempurna. Tetapi, seruan bertakwa itu tidak hanya dalam ibadah puasa saja, harus di bulan lainnya agar ketakwaan kita semakin kaffah.

Jika selama Ramadhan, kita bisa mengoptimalkan ibadah baik tadarus, sholat malam, menjaga hawa nafsu, solidaritas sosial (manusia) dan kegiatan lainnya yang menunjang ketakwaan, Insyaallah bulan setelahnya dapat memulai kebiasaan-kebiasaan itu.

Di bulan suci ini, kaum muslimin tidak hanya akan dicetak sebagai manusia yang saleh ritual atau individual. Lebih jauh dari itu, kaum muslim dicetak sebagai insan yang saleh dalam bersosial dan bergotong-royong. Semoga momentum kali ini tidak terlewatkan begitu saja. Namun, memaksimalkan untuk memanfaatkan dengan sungguh-sungguh mengharap rida Allah SWT. Aamiin.

Penulis: SFM

Baca Juga :   Gus Kamil Berpulang, Ridwan Kehilangan Sosok Sahabat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here