Puan Menghimbau Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi Menanggulangi Banjir.

0
208

Menyikapi Bencana Banjir yang melanda kawasan Jabodetabek, ketua DPR RI, Puan Maharani meminta untuk segera diatasi melalui koordinasi dan komunikasi antar instansi terkait tanpa saling melempar tanggung jawab serta tetap mengedepankan kepentingan masyarakat.

Menurut Puan bencana banjir yang terjadi di Jabodetabek tidak bisa diselesaikan secara parsial karena melibatkan beberapa daerah. Untuk itu harus ada upaya pencegahan untuk meminimalkan dampak dari hulu sampai hilir sehingga pemerintah pusat harus tampil menjadi pelopor.

Puan menyarankan pemerintah Pusat harus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam menyusun kebijakan dan program penanggulangan banjir di Jabodetabek.

“Diperlukan membangun sinergi yang lebih baik antar-K/L yang memiliki tugas dan fungsi dalam penanganan bencana yaitu Kemensos, Kemendagri, Kementerian PUPR, Kemenkes dan BNPB serta Pemerintah Daerah.” Kata Puan, Kamis (2/1).

Oleh karena itu DPR RI juga akan membantu semua upaya pencegahan dan penanggulangan Banjir Jabodetabek terutama dari sisi fungsi budgeting dan Legislasi.

Baca Juga :   Rapat Koordinasi Tim Pemenangan Fadia-Riswadi