Program Penghijauan Ala Amin Lukmantoro

0
Foto: Anggota DPRD Kebumen, Amin Lukmantoro

Kabupaten Kebumen – Anggota DPRD Kebumen, Amin Lukmantoro memiliki cara tersendiri untuk mendukung kelestarian alam sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini membagikan bibit tanaman secara gratis untuk masyarakat yang ingin menanam bibit tanaman yang telah disediakan. Ia bahkan rela merogoh kocek sendiri demi mewujudkan kondisi alam asri serta memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

Selain sebagai Legislator, kini ia memiliki aktivitas tambahan menyiapkan berbagai bibit tanaman untuk meraih cita-cita luhur tersebut. Tak kurang lebih dari puluhan ribu bibit tanaman berjajar rapi di lahan pekarangan miliknya.

“Saya punya pemikiran siapa yang ingin menanam nanti saya berikan. Semoga mendatangkan keberkahan. Silahkan di data, kalau yang ingin nanti dikasih bibit,” jelasnya, Minggu (12/09/2021).

Baru-baru ini, Amin Lukmantoro yang juga anggota Komisi D DPRD Kebumen telah membagikan bibit tanaman kepada sebagian masyarakat di wilayah dataran tinggi Kebumen bagian barat seperti Kec. Buayan dan Kec. Rowokele.

“Sebenarnya ini sebagai alternatif masyarakat, kalau orientasinya nilai ekonomi juga bisa. Misal di daerah pegunungan cocoknya tanaman apa bisa dicoba,” tutur dia.

Langkah ini ia lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lahan kritis, serta menciptakan multiplier effect melalui peluang usaha turunan seperti agrowisata, serta beralihnya perilaku masyarakat dalam hal pertanian berwawasan lingkungan atau usaha tani konservasi.

“PR bagi kita adalah memupuk kesadaran masyarakat akan pentingnya kepedulian lingkungan. Tapi kita coba sedikit demi sedikit untuk manfaatkan lahan supaya produktif sehingga ada ketahanan pangan,” terangnya.

Tak hanya diberikan secara cuma-cuma, ia juga menerima pesanan bibit tanaman dalam partai besar bagi instansi maupun kelompok dengan harga bersaing. Adapun bibit tanaman yang tersedia meliputi bibit buah durian, alpukat, manggis, kelengkeng, serta berbagai jenis bibit kayu keras lain.

Baca Juga :   Bupati Boyolali Gelar Safari Buka Bersama

“Barangkali ada yang berminat dan mau pesan, datang ke rumah saya silahkan pilih mau jenis tanaman apa. Bibit durian ada sekitar 5.000 batang, kopi juga ada sekitar 10.000 batang,” tandasnya.

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here