Politisi Muda PDI Perjuangan Jabat Ketua DPRD Kabupaten Klaten

0

Kabupaten Klaten – PDI Perjuangan berhasil menempatkan 19 Kadernya di DPRD Kab. Klaten periode 2019-2024.
Perolehan kursi Partai berlogo Banteng tersebut kembali meningkat dibanding pemilihan legislatif 2014 yang mendapat 17 kursi.

Sebagai Partai pemenang pemilu, tentu jabatan ketua DPRD Kab. Klaten kembali berada di tangan PDI Perjuangan. sebagai ketua DPRD Kab. Klaten tersebut diamanahkan kepada politisi muda PDI Perjuangan, Hamenang Wajar Ismoyo.

Pemuda kelahiran 1988 tersebut dipercaya memimpin DPRD Kab. Klaten periode 2019-2024. Hamenang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Klaten V yang meliputi, kecamatan Bayat, Kecamatan Cawas, Kecamatan Karangdowo, Kecamatan Pedan, serta Kecamatan Trucuk. Saat ini, Hamenang duduk di kursi DPRD Kab. Klaten merupakan periode yang kedua.

Sebagai politisi muda, Hamenang memiliki cerita saat awal mula terjun ke dunia politik. Hamenang mengaku sempat ragu ketika diminta oleh orangtuanya untuk mengabdi ke masyarakat melalui kontestasi pemilihan legislatif 2014. tersebut disebabkan karena dirinya telah bekerja di salah satu televisi nasional di Jakarta.

“Saat itu saya sudah bekerja di salah satu stasiun televisi nasional. Sudah sekitar satu tahun bekerja di sana. Akan tetapi saya minta ibu untuk pulang dan mengikuti kontestasi Pileg 2014,” tutur Hamenang Wajar Ismoyo.

Hamenang menambahkan, dirinya sempat bingung dan ragu untuk mengikuti kontestasi Pileg 2014. Namun, akhirnya peluang tersebut diterima, dan kemudian terjun ke masyarakat.

“Saya mulai melakukan sosialisasi dan terjun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi. Saya mengalami kekalahan dalam pertarungan kontestasi Pileg 2014. Akibat dari kekalahan itu, saya sempat putus asa sekitar dua hingga tiga bulan. Namun, mungkin karena sudah suratan takdir, pesaing yang sempat mengalahkan saya tersebut mengundurkan diri beberapa hari sebelum pelantikan Anggota DPRD Kab. Klaten Periode 2014-2019. Dengan demikian, saya yang berada di bawahnya langsung mendapat amanah sebagai Anggota DPRD Kab. Klaten,” imbuhnya.

Baca Juga :   Sikapi Jateng di rumah Saja, Mbak Yuni Tegaskan Keberpihakan Pada Masyarakat Penting!

Selain itu, Hamenang juga mengungkapkan, jika proses perjalanan politik yang dijalani sejak 2014, membuatnya semakin matang.

Sebagai anggota dewan, dirinya berkomitmen sejak awal, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Pada periode pertama, Hamenang sukses menjadi inisiator lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Kab. Klaten tentang pengelolaan kepariwisataan di Kab. Klaten.

“Sebagai generasi muda, minimal harus mengetahui dunia politik. Sebab politik merupakan dalam meraih tujuan. Selain itu, kita harus berbuat ikhlas, mempersiapkan mental, serta harus belajar dalam menghadapi senior dan masyarakat,” pungkasnya.

Koresponden : Wawan dan Ega