Pesan Penting Mas Novri Pada Rapat Pokja Kampung KB

0
Foto: Mas Novri Ajak Masyarakat Memahami Masalah kekerasan Dan Stunting Di Keluarga

Kabupaten Wonogiri – Anggota DPRD Wonogiri Fraksi PDI Perjuangan, Novri Roesmono menghadiri rapat Pokja Kampung KB “EDI PENI” Dusun Balong. Dalam acara tersebut, ia mengingatkan peran Kampung KB sebagai wadah pengembangan dan pembangunan keluarga yang berkualitas, Selasa (15/3/2022).

Keluarga merupakan lingkup terkecil dalam masyarakat. Peran serta Kampung KB dalam memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang langsung menyasar ke keluarga diharapkan mampu membentuk keluarga yang berkualitas. Menurut Mas Novri, persoalan yang saat ini muncul dikarenakan kurangnya pemahaman dan perencanaan keluarga yang matang.

“Kampung KB merupakan wadah pengembangan dan pembangunan keluarga yang berkualitas. Salah satunya harus mampu memberi pemahaman kepada keluarga sebagai lingkungan terkecil dalam masyarakat untuk melakukan perencanaan yang matang dalam membentuk keluarga,” kata Mas Novri yang juga menjabat Ketua PAC PDI Perjuangan Pracimantoro itu.

Banyak persoalan yang muncul diakibatkan kurang terencanakannya keluarga yang matang. Hal ini tentu akan berdampak buruk kepada program peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat mengingat kualitas keluarga yang baik tentunya akan membentuk kualitas dan kapasitas.

Di era global saat ini, menurut Mas Novri banyak dijumpai kekerasan seksual dan kekerasan terhadap anak akibat dari kurangnya pemahaman dan buruknya sistem pengelolaan SDM. Begitu pula dengan peningkatan kasus stunting di kalangan masyarakat yang akan berdampak pada tidak maksimalnya tumbuh kembang generasi penerus bangsa.

“Meningkatnya kasus stunting menjadi PR kita bersama. Hal ini akan mengakibatkan menurunnya kualitas SDM generasi penerus kita dalam menghadapi persaingan global. Peran Kampung KB dan juga sinergitas kita bersama dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya membentuk keluarga yang berkualitas melalui perencanaan perkawinan yang matang sangat dibutuhkan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera,” tutup Mas Novri.

Baca Juga :   Perkuat Grassroots, Tatiek Sambangi Konstituen Desa Merak

Koresponden : Firfeb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here