Persiapan New Normal Kabupaten Karanganyar

0
275

Kabupaten Karanganyar – Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, disisi lain beberapa daerah mulai mempersiapkan kebijakan New Normal. Hal tersebut disampaikan dalam sambutan Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PDI Perjuangan, H. Sumanto, S.H., pada acara penyaluran bantuan APD (Alat Pelindung Diri) ke seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Karanganyar, Rabu (27/5/20).

Mengenai mulai adanya kajian dan persiapan New Normal, H. Sumanto juga berpesan agar seluruh Kader Partai PDI Perjuangan baik DPC, PAC, Ranting dan Anak Ranting ikut membantu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, jaga jarak dan tetap memakai masker sesuai protokol kesehatan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Perlu dilakuakan edukasi secara berkala dan menyeluruh tentang pelaksanaan New Normal di tengah pandemi Covid-19 agar masyarakat tidak salah mengartikan.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan dan Dirut RSUD Karanganyar, H. Sumanto, SH., menyampaikan .“ Bahwa dalam menghadapi Covid-19 ini supaya para ahli kesehatan dan tentunya Ketua Gugus Tugas baik dari Puskesmas ataupun Dinas Kesehatan agar memberikan sosialisasi di kantor-kantor desa atau pusat-pusat keramaian untuk selalu memberikan edukasi dan mengingatkan warga agar tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan. Protokol inilah yang harus dipatuhi seluruh masyarakat Indonesia saat New Normal dimulai.” terang Sumanto, yang akrab disapa Pakdhe Manto.

Sumanto menambahkan, Masyarakat akan lebih paham dan percaya jika yang menyampaikan informasi tersebut langsung dari ahlinya seperti ahli kesehatan, ahli epidemiologi, ahli gizi, ahli virus, maupun dari Ketua Gugus Tugas Covid-19. Pasalnya sekarang banyak informasi yang beredar di masyarakat baik dari TV maupun media online yang disampaikan bukan dari ahlinya, hal tersebut jelas belum tentu kebenarannya dan dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Dirinya juga menghimbau agar masyarakat dapat bijak dalam menyaring informasi serta juga bijak dalam menjalankan new normal untuk kedepannya, disini perlu juga peran aktif Kader Partai agar turut dapat menyaring informasi yang benar untuk masyarakat.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kota Semarang Bagikan 2.000 Paket Daging Kurban

Pada kesempatan tersebut, DPRD Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh H. Sumanto, S.H. bersama dengan Dinas Kesehatan Karanganyar melakukan pendistribusian logistik kesehatan APD berupa Coverall (1.020), Masker bedah (3.300), Masker N95 (240), Sarung tangan non steril (320), Kaca mata/safety google (63), Face shield (126), Disposible cap (20) untuk DKK, RSUD dan 21 Puskesmas yang berada di Kabupaten Karanganyar.

“Hari ini kita memberikan bantuan APD untuk Dinas Kesehatan, Rumah sakit dan keseluruh Puskesmas yang ada di Karanganyar. Bantuan APD ini sangat penting mengingat tim medis (tenaga kesehatan) merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dan ini merupakan suatu wujud kepedulian serta dukungan terhadap keamanan tim medis agar tetap terjaga dalam menjalankan tugasnya.” jelas Sumanto, yang juga merupakan Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Sumanto menambahkan, Dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Jawa Tengah bantuan serupa juga diserahkan ke 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dari anggaran Covid-19 Pemprov Jateng. Jumlah total bantuan yang disalurkan berupa Coverall (45.440), Masker bedah (150.650), Masker N95 (4.440), Sarung tangan non steril (15.924), Kaca mata/safety google (2.634), Face shield (5.268), Disposable cap (770).

Koresponden: Boby