Perkuat Kinerja Desa, Ristawati Purwaningsih Lantik Forkom BPD

0
Foto: Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih Lantik Forkom BPD Kab Kebumen

Kabupaten Kebumen – Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih melantik pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (Forkom BPD) Kab. Kebumen di Hotel Mexolie, Rabu (16/6/2021).  

Pada kesempatan ini, Rista yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen menyampaikan, BPD harus mampu menempatkan sesuai tugas, pokok, dan fungsinya, serta benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desanya.

Foto: Wakil Bupati Kebumen Memberikan Sambutan dalam Pelantikan Forkom BPD

“Jangan sampai BPD hanya dinilai sebagai legitimasi pemerintahan desa semata apalagi hanya sebagai pemberi stempel untuk memberikan legitimasi kepada pemerintah desa,” katanya.

Kekuatan BPD, lanjut Rista, terletak pada kemampuan check and balance. BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan desa, serta terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan.

 “Sangat besar peranannya di desa, setiap anggota BPD, tentunya kita harapkan agar senantiasa dapat meningkatkan kapasitas SDM dan berinovasi,” imbuhnya.

Foto: Penyematan ID Card pada Anggota BPD

Lebih lanjut Politisi PDI Perjuangan ini memandang, bahwa BPD sangat berperan mendorong transparansi, akuntabilitas, demokratisasi, dan kesejahteraan warga.

“Kami juga mendorong agar Forkom BPD segera bekerja dan menyesuaikan diri agar paham betul dengan situasi, kondisi, potensi, problematika, serta aspirasi yang ada di masyarakat,” ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya menekankan agar Forkom BPD mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan, dan terbuka di dalam bekerja dan melayani masyarakat. Dengan adanya Undang-Undang Desa, desa memiliki potensi cukup besar di dalam membuka peluang berkembangnya desa menjadi mandiri dan sejahtera.

Koresponden: Sofian Aniffudin

Baca Juga :   Sambangi Ranting, Komunitas Juang Kota Pekalongan Sosialisasikan Perekrutan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here