Peningkatan 3K Generasi Muda, Korps KJ Temanggung Gelar Upgrading Pentingnya Kuasai Teknologi

0
Foto: Virtual upgrading Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka meningkatkan Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas, Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung menggelar giat upgrading virtual. Adapun giat tersebut dihadiri oleh Pengurus Harian Korps serta Asisten Mentor Juang (AMJ) Pengampu, yakni AMJ Yusuf Arinton Sasongko dan AMJ Wahyudin, Sabtu (10/07/2021).

Dalam arahannya, AMJ Yusuf Arinton Sasongko menuturkan jika Korps harus beradaptasi dengan keadaan aktual yang terjadi di lingkup kehidupan masyarakat. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Sosial (PPKM) tentu harus dimaknai dengan baik oleh anggota Korps.

Partisipasi masyarakat termasuk anggota Korps dengan cara menerapkan protokol kesehatan merupakan salah satu faktor utama dalam memutus persebaran virus Covid-19 yang kian masif akhir-akhir ini.

“Adanya PPKM tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Korps. Hal yang paling utama untuk dipatuhi tentu kita harus menerapkan protokol kesehatan. Dalam rangka menjaga soliditas dan solidaritas Korps, maka segenap Dewan Mentor Komunitas Juang telah menginstruksikan supaya kegiatan direlokasi secara virtual. Oleh karena itu, tentu kita harus mengoptimalkan platform digital yang ada. Output utamanya adalah untuk meningkatkan Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas”, papar AMJ Yusuf Arinton Sasongko.

Budaya taat terhadap aturan merupakan refleksi karakter yang baik, terlebih hal tersebut merujuk terhadap kepentingan publik, bukan sekedar kebutuhan personal. Sosok pemuda tentu harus mengimplementasikan tata nilai dan norma yang berlaku di masyarakat secara tanggung jawab.

Ketika hal ini dapat teraktualisasikan secara inklusif dan komprehensif, maka tujuan utama kebijakan PPKM untuk menyelamatkan masyarakat dari Pandemi Covid-19 juga akan terwujud dengan optimal. Lebih lanjut, sosok AMJ Yusuf Arinton Sasongko juga menuturkan tentang pentingnya peran anggota Korps dalam memanfaatkan teknologi.

“Era Pandemi Covid-19 tentu akan mereduksi pertemuan fisik menjadi virtual. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang progresif. Anggota Korps Komunitas Juang tentu harus mengoptimalkannya dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kapasitas. Kemampuan serta keterampilan dalam bidang informasi dan teknologi menjadi syarat utama yang harus dimiliki pemuda untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0,” tegas AMJ Yusuf Arinton Sasongko.

Baca Juga :   Komunitas Juang Kota Tegal Berikan Pemahaman Tentang Bung Karno Kepada Kaum Milenial

Untuk mengoptimalkan teknologi yang ada, maka Karakter dalam diri pemuda menjadi syarat utama untuk melandasinya. Inilah bentuk relevansi antara Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas yang menjadi Misi Korps Komunitas Juang. Oleh karena itu, Korps diharapkan senantiasa mengupgrade diri dengan cara merefleksikan terhadap apa yang seharusnya (das sollen) dan apa yang sebenarnya (das sein).

“Teknologi tentu harus dimanfaatkan dengan bijak. Karakter yang baik adalah hal utama yang mesti diperhatikan. Moralitas dan etika bukan hanya untuk dipahami secara tekstual oleh Korps dalam memanfaatkan teknologi, melainkan juga untuk diaktualisasikan secara kontekstual. Era Pandemi Covid-19 adalah tantangan bagi kita untuk melakukan sebuah progresivitas dengan teknologi itu sendiri”, pungkas AMJ Wahyudin.

Koresponden : Enggar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here