Pengadaan Jalur Khusus Sepeda di Kabupaten Klaten

0
Foto: Bupati Kab. Klaten, Sri Mulyani

Kabupaten Klaten – Pemerintah Kab. Klaten menyediakan jalur khusus sepeda di sejumlah ruas jalan, pembangunan jalur sepeda tersebut berasal dari anggaran pemerintah pusat dengan menggunakan dana APBN senilai Rp 2,4 miliar, Sabtu (16/1/2021).

Pengadaan jalur sepeda ini nantinya akan difungsikan pada awal tahun 2021. Hj. Sri Mulyani selaku Bupati sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten itu menjelaskan, bahwa di Kab. Klaten sendiri sudah dibuatkan jalur sepeda untuk pesepeda sebenarnya sudah bisa digunakan sejak bulan Desember lalu. Pembangunan ini sendiri diupayakan setelah melihat makin meningkatkan para pengguna sepeda dalam mobilitas sosial sehari-hari.

Foto: Jalur Khusus Sepeda di Kab. Klaten

“Bahwa jalur sepeda yang memiliki lebar 1,2 meter tersebut terbagi atas lima ruas jalan yang dibangun untuk jalur sepeda. Kelima ruas jalan yang digunakan untuk jalur sepeda itu di antaranya adalah Jalan Pemuda yang meliputi dari Simpang Empat Bareng sampai Lampu Merah Tegalyoso, Jalan Veteran yang meliputi Simpang Tiga Masjid Al- Aqsha sampai Simpang Empat Bareng, Jalan Kopral Sayom yang meliputi Stasiun Klaten sampai Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Pramuka meliputi Simpang Tiga BRI sampai Stasiun Klaten, dan Jalan K.H Samanhudi meliputi Stasiun sampai Simpang Tiga Bareng,” papar Sri Mulyani.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kab. Klaten, Sudiyarsono mengatakan, jalur sepeda itu mulai difungsikan awal tahun 2021. Tahap awal yakni sosialisasi selama 30 hari terkait penegakan hukum bagi pengguna jalan yang masih belum tahu fungsi jalur khusus sepeda itu.

“Jadi masih banyak masyarakat yang belum tahu , kalau jalur khusus sepeda tidak boleh untuk parkir. Nah ini yang sedang kita sosialisasikan agar jalur sepeda lebih aman,setiap jalur berfungsi satu arah, tapi di Klaten ada dua jalur, yakni kiri dan kanan jadi bisa dua arah,”jelasnya

Baca Juga :   Afif Nurhidayat Hadiri Deklarasi Zona Integritas WBK dan WBBM

Lebih lanjut disampaikan, pembangunan jalur khusus sepeda itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Nilai alokasi anggarannya sekitar Rp 2,4 miliar bersumber dari APBN. Kemudian Sri Mulyani berharap dengan dibangunnya jalur ini dapat meminimalisir kecelakaan serta kemacetan di jalan raya. Selanjutnya tidak lupa, diharapkan kepada pengguna sepeda agar lebih aman serta bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan baik.

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here