Pekunden Juara 1 Desa Wisata Jawa Tengah 2022, Darto: Sebagai Acuan Wisata Kota Lama Banyumas

0

Kabupaten Banyumas – Ketua PAC PDI Perjuangan Kec. Banyumas mengkawal Desa Wisata Kreatif Pekunden, Kec. Banyumas, Kab. Banyumas yang menjadi Juara 1 dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2022. Malam penganugerahan berlangsung di Gerbang Gajah, Desa Kembanglimus, Kab. Magelang, Sabtu (26/11/2022).

Ketua PAC PDI Perjuangan Kec. Banyumas, Darto, mengatakan, Desa Wisata Kreatif Pekunden yang diresmikan pada akhir Desember 2021 lalu, memiliki banyak potensi wisata yang menarik.

“Yang sangat terkenal di Desa Pekunden adalah Kampung Nopia Mino. Banyak wisatawan datang untuk menyaksikan langsung proses pembuatan oleh-oleh khas Banyumasan tersebut yang masih dilakukan secara tradisional dengan tungku yang terbuat dari tanah liat,” ujarnya.

Desa Wisata Kreatif Pekunden menjadi juara 1 dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2022.

Lebih lanjut, Darto juga menjelaskan, lokasi Desa Pekunden merupakan kawasan Kota Lama Banyumas yang membawa wisatawan nostalgia ke masa lampau dengan bangunan-bangunan kuno bernilai sejarah.

“Desa Wisata Kreatif Pekunden juga menawarkan beragam wisata edukasi, seperti, melihat proses pembuatan Gamelan di Oemah Gamelan, budidaya dan petik buah naga, proses pembuatan batik tulis, dan lainnya,” imbuhnya.

Dalam kontes penganugerahan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2022, pihaknya merasa bangga karena Desa Pekunden memperoleh Juara 1. Pihaknya juga berharap, dengan ini Desa Pekunden masuk ke babak baru dalam peradaban desa wisata kreatif yang bisa membawa dampak positif untuk negeri.

“Bagaimana tidak, lokasi penganugerahan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2022, bertempat di kawasan Candi Borobudur yang bertaraf Internasional. Maka, hal ini sangat mungkin menarik wisatawan luar negeri untuk berkunjung ke Desa Wisata Kreatif Pekunden,” pungkasnya.

Koresponden : Karsim

Baca Juga :   Roadshow di Bulan Suci untuk Meningkatkan Harmonisasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here