Peduli Petani dan Buruh Pabrik, Sri Mulyani Berikan BLT DBHCHT

0

Kabupaten Klaten – Wujud kepedulian kepada para buruh Tani Tembakau, serta Buruh Pabrik Rokok, Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, S.M., secara simbolis memberikan dan menyalurkan secara langsung Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada para buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (16/12/2021).

Penyerahan BLT DBHCHT kepada Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok di Kab. Klaten

Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani menyampaikan, penganggaran alokasi BLT dari DBHCHT kepada buruh Tani atau Buruh Pabrik Rokok senilai Rp. 6.237.650.848. Adapun penerimanya sebanyak 2.250 orang yang terdiri dari Buruh Tani Tembakau sebanyak 1.410 orang, di 11 kecamatan penghasil Tembakau, serta 840 Buruh Pabrik Rokok. Masing-masing akan menerima sebesar Rp. 1,8 Juta yang diberikan selama 6 bulan atau Rp. 300.000 per bulan melalui Bank Klaten.

“Selamat kepada seluruh penerima bantuan BLT. Saya berharap, dana yang diserahkan tersebut dapat dipergunakan, serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga bisa membantu dalam meringankan beban Buruh Tani Tembakau, serta Buruh Pabrik Rokok. Terlebih, saat ini kondisi perekonomian sedang berat, karena adanya Pandemi Covid-19,” tuturnya.

Hj. Sri Mulyani menambahkan, Pemkab Klaten telah berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan kegiatan-kegiatan yang berbasis DBHCHT. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020, tentang penggunaan, pemantauan, dan evaluasi DBHCHT, salah satu kegiatan yang bisa dibiayai DBHCHT adalah pemberian BLT kepada Buruh Tani Tembakau, serta Buruh Pabrik Rokok.

“Hal ini adalah bukti Pemerintah hadir di masyarakat yang mengalami kesulitan secara ekonomi. Kami harap tidak ada kecemburuan. Sebab, dana bantuan bersumber dari DBHCHT, maka yang diberikan hanya kepada Buruh Tani Tembakau di wilayah penghasil Tembakau. Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada. Sebab, Pandemi Covid-19 masih belum usai. Tetap jaga kesehatan dan tetap semangat,” pungkas Hj. Sri Mulyani, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten.

Baca Juga :   Melalui Senam SICITA, Teguh Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here