Pantau Pergerakan Tanah di Desa Pasuruan, Sugiono: Ini Wujud Kepedulian Kader Partai Kepada Masyarakat

1

Kabupaten Banjarnegara – Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Karangkobar, Sugiono melakukan komunikasi dengan Pengurus Ranting PDI Perjuangan Desa Pesuruan. Hal tersebut dilakukan untuk memantau perkembangan pergerakan tanah yang terjadi di Desa Pasuruan.

Sugiono mengungkapkan, hujan yang mengguyur Desa Pasuruan pada hari Sabtu 12 Juni 2021, mulai dari pukul 10.00 Wib sampai dengan malam hari, mengakibatkan ladang yang berada di belakang rumah warga mengalami longsor, serta masih berpotensi terjadinya pergerakan tanah.

Dalam kesempatan tersebut, Sugiono yang didampingi oleh salah satu Pengurus Ranting PDI Perjuangan Desa Pasuruan, Kastoyo meninjau beberapa rumah warga yang terdampak langsung. Sugiono berharap kepada warga untuk selalu waspada, apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi, agar segera meninggalkan rumah atau menjauhi rumah yang berada di sekitar lokasi tanah bergerak.

Kondisi lantai rumah warga yang retak akibat pergerakan tanah di Desa Pasuruan

“Sampai dengan hari ini kita tetap intens melakukan komunikasi dengan pengurus Ranting PDI Perjuangan Desa Pasuruan untuk memantau perkembangan pergerakan tanah. Apabila ada pergerakan tanah lagi, saya menghimbau kepada Ranting Desa Pasuruan untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk kepada PAC PDI Perjuangan Kecamatan Karangkobar,” ungkapnya.

Sugiono menambahkan, bangunan yang terdampak tanah bergerak di Desa Pasuruan ada 6 rumah, masing-masing milik Sumaryo, Pono, Hermanto, Sugianto, Sumardi, serta Sanjuki. Sebagian besar kondisi rumah tersebut mengalami retak-retak pada bagian lantai dan dinding tembok. Sementara, untuk lahan pertanian produktif yang rusak akibat pergerakan tanah diperkirakan mencapai 1 Ha lebih yang berada di blok Sarangan, Desa Pasuruan berupa kebun salak, cabai, kapulaga dan sawah. Adapun lahan perkebunan yang terdampak adalah milik Kayem, Surisno, Suparno, Sulyono, Mismoyo, Alm. Priantono, Wartono, serta Tursidi.

Baca Juga :   Tim Pemenangan Yuni-Suroto Bentuk Tim Guraklih

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut dalam penanganan musibah tanah bergerak Di Desa Pasuruan, diantaranya, BPBD Kab. Banjarnegara, SAR Kab. Banjarnegara, RAPI, Pemerintah Desa, serta relawan. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Sigaluh, Bapak Sarwono yang sampai saat ini tetap intens melakukan komunikasi untuk memantau perkembangan pergerakan tanah,” pungkasnya.

Koresponden : Chrisna

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here