Nguri-uri Budaya Lokal, Mbak Puan Kenakan Batik Salem Brebes

0
550

Kabupaten Brebes – Kabar gembira bagi Kader PDI Perjuangan Brebes, Pasalnya pada kesempatan kali ini Produk Lokal Brebes; yakni Batik Brebesan Salem telah menasional. Hal ini dikarenakan Batik Salem telah dikenakan oleh Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani, S.I.Kom pada saat berada di Gedung DPR RI, Kamis (9/7/2020).

Ketua DPC PDI Perjuangan Brebes, H. Indra Kusuma, S.Sos., mengatakan, “Batik Brebesan karya pengrajin Salem yang sudah menjadi keputusan Pemda agar dijadikan Seragam Dinas Pegawai di Brebes ini Alhamdulillah bisa berkenan dikenakan oleh Mbak Puan juga,” ujar Indra.

Menurut Indra, batik yang sudah dikenakan sebagai seragam oleh para pegawai di Kab. Brebes ini memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik ini berasal dari beberapa motif yang terdapat pada produk batik ini, diantaranya; Motif Kopi Pecah, Mangga, Merak, Ukel Kangkung, Sinar Rantai dan lain sebagainya. Harganya pun bervariasi, bergantung kepada kualitas produk yang dihasilkan.

Selain itu Wakabid Pemuda, Olahraga dan Komunitas Seni Budaya PDI Perjuangan Brebes, M.S. Heri Pasaribu menyampaikan, “Para kader muda seperti mba Mitha inilah yang nantinya bisa memajukan khazanah budaya Brebes. Melalui pola pikir pemimpin yang Visioner itu haruslah bisa melihat masa depan yang lebih cerah dengan tindakan-tindakan yang baik dari saat ini seperti memajukan dan mengenalkan prodak kebanggaan daerah asal,” tambahnya.

Sedangkan Bendahara DPC PDI Perjuangan Brebes, Sukirso berharap Batik Salem yang sudah menembus pasar Nasional ini dapat lebih menarik peminat batik Brebesan dari masyarakat lokal hingga daerah lain dengan meningkatkan inovasi motif batik. Karena kesemuanya ini akan mengacu kepada aspek budaya sekaligus sebagai bentuk pengembangan aspek seni budaya terkhusus seni batik. Serta berefek bagi UMKM yang ada di Wilayah Brebes Umumnya, UMKM yang ada di Kec. Salem khususnya dapat lebih maju dan berkembang.

Baca Juga :   PAC PDI Perjuangan di Kabupaten Pemalang Lakukan Silaturahmi ke Calon Bupati

Sementara itu, Paramitha Widya Kusuma, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Komisi VII Dapil IX mengungkapkan, “Saya sangat bangga sebagai Putri asal Brebes dan berterimakasih sekali kepada mbak Puan yang sudah berkenan memakai Batik Brebesan Salem. Saya berharap dengan Batik Salem bermotif Gedong Kosong yang sudah dikenakan oleh Mba Puan ini bisa meningkatkan peminat Batik Salem di daerah-daerah lain. Semoga produk-produk UMKM di Brebes akan semakin dikenal ditingkat nasional, bisa semakin laris, maju serta bisa memakmurkan para pengrajinnya. Kemudian bagi para pemuda-pemudi Brebes harus bangga memakai produk daerahnya sendiri,” tutup Mitha.

Koresponden: Rifki Ridho