Kota Semarang – Saat ini, Covid-19 merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan keadaan yang demikian, Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri memberikan instruksi kepada kader Partai untuk bisa menanam tanaman pendamping beras pada masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan instruksi tersebut, Wakil Walikota Semarang yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita mengajak milenial di antaranya kader Komunitas Juang Kota Semarang, Relawan Berkebun Ceria dan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas melakukan penanaman serentak tanaman sukun di area Waduk Jatibarang (20/9/2020).

Alasan Mbak Ita memilih tanaman sukun karena sukun merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan pendamping makanan dan tanaman sukun dapat tumbuh dalam jangka panjang. Selain itu alasan Mbak Ita memilih menanam di kawasan Waduk Jatibarang karena kawasan tersebut merupakan salah satu area green belt yang ada di Kota Semarang.

“Hari ini saya dengan anak-anak muda hebat ini sedang melakukan penanaman pohon sukun di area Waduk Jatibarang. Penanaman ini dilakukan sebagai bentuk menjaga kedaulatan pangan pada masa pandemi Covid-19 ini. Alasan saya memilih tanaman sukun karena tanaman sukun ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh dalam jangka panjang dan buahnya dapat dijadikan sebagai bahan pendamping makanan,” jelas Mbak Ita.

Kegiatan penanaman ini selain untuk menjaga kedaulatan pangan, sekaligus sebagai konservasi alam di area Waduk Jatibarang. Jadi dengan adanya penanaman di area tersebut dapat membuat area menjadi lebih hijau dan dapat dijadikan sebagai pengendali banjir di Kota Semarang.

Koresponden: Didik S dan Pangestika RP

Baca Juga :   Apel Kemerdekaan DPC PDI Perjuangan Kudus