Masuki Awal Musim Hujan, Sri Ruwiyati Berikan Edukasi Kebencanaan Kepada Masyarakat

0

Kabupaten Banjarnegara – Meski di masa Pandemi, tidak menyurutkan langkah Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., untuk tetap memberikan edukasi kepada masyarakat yang berada di Banjarnegara, terkait kebencanaan.  

Memasuki awal musim penghujan, Sri Ruwiyati,SE.MM melakukan kegiatan pelayanan, serta kesiapsiagaan terhadap bencana  Tahun 2021, dengan tema ” Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana, Identifikasi dan Sosialisasi Daerah Rawan Bencana di Jawa Tengah”, di Balai Desa Gembongan, Kecamatan Sigaluh.

Hj. Sri Ruwiyati melakukan edukasi tentang kebencanaan kepada masyarakat Banjarnegara

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Drs. M. Arief Wahyudhi, M.Si, selaku Kabid LR BPBD Provinsi Jawa Tengah, Sutimo, dari BPBD Banjarnegara, Kabag OPS Polres Banjarnegara, Danramil Sigaluh , Camat Sigaluh, Kepala Desa, Relawan Tanggap Bencana (TAGANA), serta PMI Kecamatan Sigaluh. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes)

Sri Ruwiyati mengungkapkan, pentingnya dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kemampuan para relawan masyarakat tanggap bencana, khususnya di Banjarnegara. Melalui kegiatan ini, diharapkan, para relawan tanggap bencana terkait ketrampilan, serta pengetahuan terhadap mitigasi bencana semakin meningkat, sehingga para relawan dapat mengenali, memahami karateristik, dan juga kondisi alam di sekitar tempat tinggalnya masing-masing.

“Saya juga ingin mengingatkan, bahwa memasuki awal musim penghujan di wilayah Banjarnegara mengalami hujan ringan hingga sedang. Maka dari itu, saya himbau agar tetap waspada, terutama terkait bencana tanah longsor yang bisa terjadi karena hujan,” tuturnya.

Menurut Sri Ruwiyati, hampir semua dataran tinggi dan rendah di Banjarnegara memiliki potensi bencana, baik tanah longsor, maupun banjir. Maka dari itu, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat Banjarnegara, untuk selalu waspada, serta mengantisipasi kemungkinan bencana yang akan terjadi.

Baca Juga :   AYK Laksanakan Koordinasi Persiapan Musran NU di Desa Kabunan

Koresponden : Chrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here