Mas Jekek Siapkan Dana 110 Miliar Untuk Pemulihan Covid-19 Di Wonogiri

0
972

Wonogiri – Sebagai Kepala Daerah dari PDI Perjuangan, Joko Sutopo ‘Mas Jekek’ telah melaksanakan intruksi Ibu Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri tentang gotong-royong memutus penyebaran wabah Covid-19.

Terkait instruksi Ibu Ketua Umum, Jekek sapaan akrab Bupati Wonogiri, telah menggodok dana 110 miliar untuk pemulihan (recovery) dampak pandemi Corona. Untuk sumber dananya, dari realokasi Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Itu beda ya dengan anggaran 6 miliar sebelumnya, itu untuk penanganan Covid 19,” jelasnya.

Anggaran yang sangat fantastis tersebut nantinya akan dibelikan bahan makanan yang akan langsung didistribusikan ke warga, agar tidak ada kerumuman masa yang sangat dilarang pada wabah pandemi ini.

“Anggaran sebanyak itu akan dialokasikan untuk tiga skala prioritas utama. Pertama, untuk penanganan kemiskinan yang di Wonogiri. Prioritas kedua, adalah warga yang berpotensi miskin, yang dimaksud adalah warga yang pada awalnya mempunyai pekerjaan, namun karena dampak penanganan Covid-19 menjadi kehilangan mata pencaharian. Prioritas kedua ini masih dalam tahap pendataan. Sedangkan untuk prioritas ketiga adalah warga yang selama ini kerja di sektor informal, yang kehilangan pekerjaan karena pemerintah menghentikan sementara waktu untuk pembangunan infrastruktur,” tuturnya.

Mas Jekek menargetkan dana siap digunakan sebelum lebaran tahun ini. Apabila terdapat kekurangan dana, Mas Jekek akan mengalihkan penggunaan dana pemilihan kepala daerah yang ditunda untuk pemulihan dampak Corona.

Koresponden: Firas

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kota Magelang Perkuat Struktural Partai