Mas Bowo: Potensi Kesenian Lokal Wajib Dikembangkan

0
Foto: Mas Bowo Meninjau Pagelaran Seni Cokek

Kabupaten Sragen – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Sragen, Untung Wibowo Sukowati atau yang akrab disapa Mas Bowo mendukung penuh potensi kesenian lokal untuk dikembangkan, Rabu (21/9/2022).

Melalui pertunjukan Cokek atau Gaco Engklek, kesenian khas rakyat Sragen belakangan ini kembali diminati sebagai bentuk pelestarian kesenian lokal.

Foto: Mas Bowo Sebut di Dalam Pementasan Cokek Terdapat Nilai-Nilai Jawa yang Disampaikan

Mas Bowo menilai pengembangan masyarakat yang menjadi perhatian pemerintah saat ini bukan hanya dalam bentuk fisik, melaikankan sektor kesenian lokal juga harus di kembangkan, terlebih setiap daerah pasti memiliki keunikan budaya lokal tersendiri. Maka dari itu, perlu diperkenalkan secara luas bahwa Jateng mempunyai ciri khas budaya unik

“Yang wajib menjadi perhatian adalah fokus pengembangan sektor budaya lokal. Karena dengan itu, masyarakat pegiat kesenian bisa lebih mendapatkan tempat lewat pertunjukan-pertunjukan yang digelar baik pemerintah, swasta, maupun mandiri,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mas Bowo menyampaikan Cokek sebagai hiburan yang merakayat dan lebih dikenal bila ada tamu besar juga hajatan penting. Kesenian rakyat khas Sragen banyak diminati bukan hanya kalangan lokal saja, namun juga masyarakat dari Suriname.

“Pementasan Cokek Sragen saya kira adalah pertunjukan sederhana, lewat beberapa set alat gamelan yang tidak begitu lengkap dan beberap penyanyi dengan menuturkan tembang Jawa dengan nilai pesan moral kejawenannya,” ujarnya

Terakhir, Mas Bowo mengatakan bahwa kesenian lokal dapat menjadi ikon daerah. Untuk itu, ia mendorong supaya grup kesenian lebih aktif dan berkembang.

“Ke depan kami berharap kesenian ini benar-benar berkembang. Untuk mendukung hal itu, perlu memperbanyak penyelenggaraan pentas, tentu akan berdampak positif untuk memotivasi para pelaku seni di daerah,” tutupnya.

Baca Juga :   Welas Ikuti Pelatihan Pengendalian Covid -19

Koresponden : Eky Ely

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here