Mas Bowo: Entaskan Kemiskinan di Sragen, RTLH Mesti Digenjot

0
Foto: Mas Bowo Sampaikan Strategi Pengentasan Kemiskinan di Sragen

Kabupaten Sragen – Ketua DPC PDI Perjuangan Sragen, Untung Wibowo Sukowati atau yang akrab disapa Mas Bowo mengatakan jika RTLH bakal digenjot Hingga 8.000 unit dalam waktu satu tahun, Rabu (22/6/2022).

Mas Bowo menyampaikan jika selama ini bantuan RTLH memang sudah menjadi program rutin baik di pemkab, pemprov, maupun pusat.

“Sekarang semua komponen di PDI Perjuangan bergerak ke desa. Semua program memang mengarah ke desa dengan penekanan Ibu Ketum di Rakernas. Nanti kita akan genjot bantuan RTLH, karena salah satu keriteria kemiskinan adalah RTLH,” ujar Mas Bowo.

Lebih lanjut, Mas Bowo memaparkan bahwa mengingat masih banyak yang harus dituntaskan, maka ke depan pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan volume bantuan RTLH dengan maksud untuk mempercepat pengentasan angka kemiskinan di Sragen. Bantuan RTLH akan difokuskan di wilayah yang masih masuk zona merah kemiskinan dan tujuan yang dicanangkan harus tuntas.

“Sekarang bantuan sudah ada, tapi mungkin per desa baru dua, satu kabupaten 40. Ke depan kita akan dorong agar ditambah lebih banyak lagi. Semoga nanti pertahun bisa 8.000 unit RTLH dari berbagai sumber. Anggaran pun nanti dari kabupaten, provinsi, dan pusat. Semua harus bekerja dan gotong royong untuk mengentaskan anagkat kemiskinan,” terang Mas Bowo.

Sebagai penutup, Mas Bowo menambahkan untuk bantuan RTLH, pendapatan akan melibatkan desa dan Dinas Perkim. Pemerintah Desa mengusulkan penerimaan dan nantinya Dinas Perkim yang menverifikasi kelayakan untuk mendapat bantuan. Semakin banyak bantuan RTLH yang diluncurkan diharapkan bisa menuntaskan angka kemiskinan.

“Selain RTLH, nantinya PDI Perjuangan melaluai jalur legislasi juga akan menggenjot dana PIP untuk masyarakat ke desa. Lintas program pemasangan listrik gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga akan diupayakan untuk terus ditingkatkan. Kami berharap semua bisa bersinergi sehingga pengentasaan kemiskinan ini bisa semakin cepat,” tandas Mas Bowo.

Baca Juga :   Welas Handayani Dampingi Pembagian Bansos Di Giriwoyo

Koresponden : Eky Ely

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here