Mas Bogy Ajak Peserta Reses Budidayakan Tanaman Potensial

0

Kabupaten Banyumas – Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah Asfirla Harisanto menggelar Reses di Kab. Banyumas, sekaligus mengajak para peserta Reses untuk membudidayakan tanaman potensial, Selasa (11/8/2020).

Potensi sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan di Kab. Banyumas masih perlu ditingkatkan. Salah satu upayanya adalah “revolusi” produk, yakni merubah hasil panen untuk memiliki nilai jual serta permintaan tinggi di pasar global.

“Sama-sama memelihara dan merawat kenapa tidak yang menghasilkan keuntungan lebih tinggi? Seperti misalnya Tanaman Porang yang ternyata sekarang ini banyak diminati,” ungkap Mas Bogy, sapaan akrab Asfirla Harisanto.

Mas Bogy menjelaskan, dirinya telah menyambangi salah satu lahan aset milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Desa Limpakuwus, Kab. Banyumas. Hasil pemantauannya mengecewakan, sebab tanah seluas kurang lebih 10 hektar itu belum digarap maksimal dan hanya mampu mendapat keuntungan Rp. 38 juta/tahun.

Sedangkan, menurutnya jika ditanam tumbuhan lain yang lebih potensial, seperti misalnya Porang, tiap hektarnya dapat meraup keuntungan lebih tinggi sekitar Rp. 800 juta/tahun. Sehingga nantinya Koperasi Unit Desa (KUD) bisa turut andil serta melibatkan dinas terkait pada tingkat kabupaten maupun provinsi.

Oleh sebab itu, Mas Bogy pada kesempatan kali ini mengajak pelaku bisnis pertanian & peternakan berpengalaman, Tomi Sutomo. Tujuannya untuk memberikan gambaran teknis pengelolaan pertanian dan peternakan supaya lebih meningkat. Mulai dari proses pembibitan, perawatan hingga pemasaran.

“Tujuannya tak lain saya ingin menaikan taraf hidup petani. Selagi ini masih bulan Oktober, waktu yang cocok untuk bercocok tanam. Apabila tertarik silahkan langsung bentuk kelompoknya tidak pakai lama dan saya ingin kerja nyata yang menghasilkan. Tidak perlu resah, mari bersama belajar untuk ekonomi ke depan supaya lebih maju,” tutup Mas Bogy.

Baca Juga :   Resmi Mendaftar ke KPUD, Tiwi-Dono Siap Menangkan Pilkada Purbalingga 2020

Koresponden: Egar