Hj. Sri Mulyani Salurkan BLT-DD Tahap III di Kecamatan Bayat

0

Kabupaten Klaten – Bupati Klaten yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten, Hj. Sri Mulyani kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) tahap III di 5 desa yang berada di Kecamatan Bayat, Senin (10/8/2020).

Adapun 5 desa yang mendapatkan  penyaluran BLT-DD yaitu, Desa Wiro, Desa Bogem, Desa Jotangan, Desa Nengahan, serta Desa Tegalrejo.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten, Hj. Sri Mulyani mengatakan, bantuan BLT DD itu sebagai bukti bahwa Pemerintah hadir, serta memberikan kepedulian kepada masyarakat yang terdampak virus Covid-19.

“ Seharusnya dana BLT-DD untuk membangun desa seperti jalan, serta fasilitas lain. Namun, dengan adanya Pandemi Covid-19, maka dana BLT-DD dialihkan untuk membantu masyarakat. Maka dari itu, dana bantuan dari Pemerintah dialihkan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur, serta kebutuhan pokok lain,” tuturnya.

Sri Mulyani menambahkan, setelah masyarakat menerima bantuan, maka selanjutnya masyarakat harus mematuhi Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah seperti, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak. Hal tersebut dilakukan agar penyebaran virus Covid-19 dapat segera teratasi, sehingga masyarakat dapat menerapkan adaptasi kebiasaan baru.

“Jumlah Kepala Keluarga (KK) di Kab. Klaten sebanyak 456.894 KK. Dari jumlah KK tersebut yang sudah menerima Bansos sebanyak 357.176 KK atau 78,17 %. Sedangkan, yang tidak menerima Bansos rata–rata yang berprofesi sebagai ASN, TNI, POLRI, Perangkat Desa, Pensiunan maupun masyarakat yang tergolong mampu secara ekonomi,” imbuhnya.

Sri Mulyani juga menjelaskan, di Desa Wiro, BLT-DD tahap III sebanyak 144 KK. Desa Jotangan, warga yang menerima BLT-DD tahap III sebanyak 94 KK. Kemudian, Desa Bogem warga yang mendapat BLT-DD tahap III sebanyak 107 KK. Untuk Desa Nengahan, warga yang menerima BLT-DD tahap III sebanyak 74 KK. Sedangkan, Desa Tegalrejo penyaluran tahap III berjalan lancar.

Baca Juga :   Pelantikan Badan dan Sayap PDI Perjuangan Kudus

“Pada kesempatan ini, saya juga menyerahkan bantuan modal usaha berupa peralatan pembuatan kue kepada ibu-ibu PKK di Desa Tegalrejo untuk meningkatkan perekonomian di masa Pandemic Covid-19,” pungkasnya.

Koresponden : Wawan dan Ega