Lhadalah, Deputi II KSP RI Datang, Tidak Disambut Pemkab Pemalang

0
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Pemalang, Budi Harmanto

Kabupaten Pemalang – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Pemalang, Budi Harmanto sesalkan terhadap sikap Bupati Pemalang dan jajarannya yang tidak responsif saat ada kunjungan dan koordinasi untuk program agraria yang dihadiri Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) RI Bidang Agraria. Pihak Pemkab terlihat tidak terbuka terhadap pemerintah pusat yang sudah bersedia hadir untuk menyelaraskan agenda program agraria Presiden Jokowi melalui KSP.

“Sangat disayangkan kunjungan Deputi II KSP RI tidak ada sambutan dan tidak ada respons dari Bupati Pemalang. Hal ini mencerminkan lemahnya koordinasi birokrasi eksternal dan jika berlanjut terus-menerus akan mengakibatkan tidak sejalan dan selaras pembangunan Tingkat pusat dan kabupaten,” kata Budi Harmanto atau sering disapa Budi Sapi, Selasa (31/8/2021).

Wakil rakyat yang berdomisili di Kecamatan Bantarbolang meyakini bahwa KSP RI Bidang Agraria datang pasti punya misi yang positif bagi Kabupaten Pemalang. Terutama ingin membantu membenahi carut marutnya urusan pertanahan khususnya yang berkaitan dengan kawasan hutan penyelesaian tenurial dalam kawasan, dan eks HGU Terlantar PT Kencana Sikasur, serta lokasi perhutanan sosial (IPHPS) KTH Rimba Agro di Desa Belik.

“Saya berharap permasalahan lahan dan pemukiman di kawasan Perhutani segera diselesaikan terutama di Dapil 6 Kecamatan Bantarbolang terutama Desa Karanganyar dan Desa Bantarbolang agar hak-hak warga terpenuhi demi kesejahteraan warga. Dan hak-hak warga negara mendapat penghidupan yang layak dan pemerintah harus hadir di situ. Saya meminta kejadian seperti ini tidak terulang lagi untuk menghormati dan menghargai tamu kewajiban kita,” tegas Budi Sapi yang juga Ketua PAC Bantarbolang.

Budi Sapi menjelaskan bahwa melalui PP No. 23 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kehutanan, pemerintah menginisiasi program Perhutanan Sosial sebagai bentuk solusi nyata penyelesaian permasalahan kehutanan dengan memberikan akses bagi masyarakat untuk mengolah hasil hutan demi peningkatan kesejahteraan dan peningkatan kelas penghidupan.

Baca Juga :   Komunitas Juang Grobogan Deklarasikan Dukungan Kepada Paslon Sri-Bambang

Koresponden : Agus Siswanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here