Lewat Aspirasi, Junarso Gelar Pelatihan Barista

0
Foto: Junarso Bersama Peserta Pelatihan Barista atau Penyajian Kopi

Kabupaten Jepara – Melihat akhir-akhir ini trend coffee shop atau kedai kopi digemari banyak kalangan, baik orang tua atau anak muda. Hal ini mendorong Wakil Ketua DPRD Kab. Jepara, Junarso untuk mengadakan pelatihan barista atau penyajian kopi.

Pada kali ini, Sekretatis DPC PDI Perjuangan Kab. Jepara itu bersama Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Kab. Jepara menggelar pelatihan barista. Acara berlangsung selama dua hari dengan membedah secara materi maupun praktek tentang bagaimana membuat kopi dengan baik dan benar. Acara bertempat di Kedai Watu, yakni usaha milik salah satu kader Komunitas Juang Kab. Jepara, Sabtu-Minggu (22-23/5/2021).

Foto: Peserta Pelatihan Barista Lakukan Praktik Membuat Kopi

Selain dibekali materi, peserta juga mendapatkan hibah peralatan untuk mengembangkan usaha coffee shop yang telah dijalankan sebelumnya.

Dikatakannya, Junarso, bahwa dirinya memilih pelatihan barista karena dirasa sangat cocok dengan trend saat ini. Pasalnya anak muda jaman sekarang suka nongkrong di coffee shop, tentuhal ini mempuyai peluang usaha yang sangat baik di Kab. Jepara.

Lewat aspirasi anggaran tahun 2021, politisi PDI Perjuangan itu membuat kelompok usaha kopi yang diberi nama Kopi Watu, yang saat ini di Ketuai Andi yang juga sebagai pengajar dalam pelatihan barista.

“Di desa saya, Desa Watuaji ada perkebunan kopi. Maka dari itu, saya memberdayakan kelompok usaha kopi yang saya beri nama Kopi Watu. Dengan ini, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi dan juga bisa membuat peluang Kopi Watu ini menjadi lebih terkenal untuk kedepanya,” kata Junarso.

Semantara, Andi selaku Ketua Kelompok Usaha Kopi Watu, membenarkan bahwa Desa Watuaji mempunyai kopi yang berkualitas. “Deangan kualitas yang baik, saya dan teman-teman menfaatkan peluang ini untuk dijadikan usaha,” katanya.

Baca Juga :   Saiful Hadi Ajak Masyarakat Pupuk Nasionalisme Melalui Lagu Indonesia Raya

Koresponden: Agus Budianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here