Lantik Dekranasda Klaten, Sri Mulyani Harap UMKM Lokal Go Digital

0

Kabupaten Klaten – Dalam era digital menjadi kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkembang, serta mendapatkan pasar yang lebih luas. Selain itu, juga menjadi tantangan bagi UMKM untuk menjangkau pasar dengan persaingan yang semakin ketat.  Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, S.M., dalam Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Deskranasda Kab. Klaten Masa Bakti 2021-2026, di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (21/12/2021).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri sebanyak 64 orang yang terdiri dari, pengurus Dekranasda Jawa Tengah, pengurus Dekranasda Kab. Klaten, perwakilan pengrajin, serta tamu undangan lainnya.

Hj. Sri Mulyani melantik Dekranasda Klaten

“Dekranasda merupakan lembaga mitra Pemerintah yang menghimpun para pecinta, peminat dan penggiat kerajinan, serta membangun sektor kerajinan menjadi usaha produktif bagi UKM. Diharapkan nantinya, Dekranasda mampu meningkatkan peran dalam mendukung kemajuan, khususnya bagi pengrajin di sektor kerajian di Kab. Klaten,” tuturnya.

Hj. Sri Mulyani menambahkan, Dekranasda menjadi sebuah etalase pemasaran bagi produk-produk unggulan Klaten, salah satunya Lurik. Dengan semua potensi yang ada, Lurik mampu menjadi ikon bagi Klaten Bersinar. Selain itu, Dekranasda harus mampu menjaga, serta meningkatkan daya saing dalam segala aspek, baik produk, pelayanan, maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Apabila di jaman yang modern dan penuh kompetisi, Deskranasda tidak memiliki bekal keahlian, kreatifitas dan inovasi, maka akan hanya menjadi penonton.

“Dekranasda memiliki posisi yang strategis, karena membantu Pemerintah Daerah mengembangkan kerajinan di Kab. Klaten, melalui sinergitas dalam program kerja di masing-masing OPD, baik secara kualitas, maupun kuantitas,” imbuhnya.

Dengan adanya pasar digital, Hj. Sri Mulyani, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten berharap, para pengrajin dan kerajinan di Kab. Klaten dapat semakin maju, serta mampu bersaing dengan produk-produk daerah lain.

Baca Juga :   Warga Jatisaba Apresiasi Pemasangan LPJU dan Siap Menangkan PDI Perjuangan Pada Pemilu 2024

“Dengan adanya sinergritas semua pihak diharapkan, para pelaku UMKM lokal di era digital ini bisa semakin berkembang, dengan memasarkan produk-produk lokal Klaten ke kancah nasional, bahkan Internasional,” pungkasnya.

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here