Kontroversi Surat Edaran Bupati Bela Palestina, Bagus Selo: Sebaiknya Pakai Kotak Amal Saja

0

Kabupaten Karanganyar – Bupati Karanganyar, Drs. Juliyatmono, M.M., menerbitkan Surat Edaran (SE), untuk penggalangan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina dikritik banyak kalangan. Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo menyayangkan langkah Bupati Karanganyar menerbitkan SE tersebut.

Menurut Bagus Selo, SE tersebut merupakan surat resmi dan mengikat birokrasi, sehingga kurang tepat apabila diterbitkan untuk urusan penggalangan dana Palestina, yang dimensinya lebih kepada kebijakan luar negeri. Hal itu menjadi ranah kekuasaan Pemerintah Pusat, bukan Pemerintah Daerah.

“Pada prinsipnya, saya sebagai muslim, sangat setuju mengutuk keras serangan Israel kepada Palestina. Saya juga peduli untuk membantu urusan kemanusiaan, namun tidak dengan cara memakai SE, melainkan cukup memakai kotak amal saja,” tutur Bagus Selo, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Karanganyar.

Bagus Selo menambahkan, dengan diterbitkannya SE tersebut, menimbulkan kesan memaksakan kehendak, sehingga bukan sukarela. Bagus Selo jugs meyakini, justru dengan mengedarkan kotak amal spontanitas, di setiap OPD. Dengan dsemikian, hasilnya lebih maksimal, karena sentuhannya sukarela, bukan diwajibkan, seperti memakai SE.

“Seharusnya tidak perlu ada unsur paksaan, apalagi dengan menggunakan kekuasaan, agar tidak rancu dalam penafsirannya. Saya siap membantu langkah Bupati dalam hal penggalangan dana, namun tidak perlu dengan menerbitkan SE Bupati,” tutupnya.

Koresponden : Boby Aditia

Baca Juga :   Hamenang Wajar Ismoyo Tekankan Pentingnya Pengembangan BUMDes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here