Kiprah Srikandi Banteng Sragen Optimalkan Potensi Ekonomi Kerakyatan

0
1303

Kabupaten Sragen – Pandemi Covid-19 merupakan fenomena tak terkirakan. Sektor ekonomi menjadi kalang kabut, geliat dagang mengalami demosi yang cukup signifikan.

Melihat keadaan tersebut, Kader PDI Perjuangan Sragen yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sragen, Rizka Ayu Yadi Putri berinisiatif untuk membangkitkan roda ekonomi kerakyatan khususnya di sektor ketahanan pangan.

“Saya melihat adanya gelombang pesimisme, khususnya di sektor perikanan. Padahal, apabila kita mampu memanfaatkan peluang di tengah situasi seperti ini bisa menjadi insight tersendiri,“ ujar Rizka.

Hal ini di realisasikan Rizka dengan menggandeng Usaha Ternak Lele yang ada di dapilnya. Edukasi pembibitan, perawatan dan juga inovasi pemasaran ia giatkan kepada pelaku ternak lele.

“Kami mencoba bersama-sama koordinasi, apalagi saya beranggapan bahwa di tengah pandemi ini, kebutuhan pangan menjadi sangat meningkat. Berangkat dari pemikiran itulah akhirnya kita memotivasi para pelaku usaha ternak lele, khususnya di wilayah Gemolong, Plupuh, serta Kalijambe,“ tambah Rizka.

Bak gayung bersambut, itikad baik Rizka membuahkan hasil besar. Optimalisasi di sektor perdagangan ikan, khususnya ternak lele mengalami lonjakan omzet. Sasaran jual mengarah pada masyarakat ekonomi menengah kebawah dengan pemberian diskon harga pula. Terbukti, dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu, permintaan pasar melonjak tajam, serta berimbas pada Pelaku Usaha Ternak Lele yang cukup kewalahan dalam menyediakan stok lele.

“ Kami bersyukur, bahwa tindakan kecil yang kita lakukan berdampak besar pada ekonomi kerakyatan, khususnya pelaku usaha ternak lele di wilayah Gemolong, Plupuh, serta Kalijambe. Semoga langkah awal ini dapat membawa manfaat dan kebaikan seterusnya, “ tutup Rizka.

Koresponden : Rafif Abrar S dan Isa Budi Kahono

Baca Juga :   DPRD Kabupaten Grobogan Realokasi 9 Miliar untuk Penanganan Covid-19