Ketahui Lahan Pertanian Diserang Hama, Sri Sumarni Instruksikan Dinas Pertanian Turun Langsung

0
Foto: Penanganan Hama Persawahan oleh Dinas Pertanian Grobogan

Kabupaten Grobogan – Menanggapi keluhan petani atas tanaman padinya yang terserang Hama Wereng Batang Coklat, Sri Sumarni perintahkan Dinas Pertanian untuk turun langsung ke lokasi, Selasa (16/2/2021).

Lahan yang tepatnya berada di Desa Gubug, Kec. Gubug, Kab. Grobogan ini langsung didatangi oleh petugas dinas terkait dan diberlakukan penanganan secara tepat pada saat itu juga.

Foto: Penanganan Hama Persawahan oleh Dinas Pertanian Grobogan

“Benar hari ini saya memerintahkan Dinas Pertanian untuk hadir langsung di lokasi persawahan warga yang terserang hama. Hal ini karena banyak sekali keluhan yang saya dengar, khususnya terkait serangan Hama Wereng Batang Coklat, karena memang sudah sewajarnya kita sebagai penyelenggara negara sekaligus pelayan masyarakat harus bisa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat ketika sedang mengalami kesusahan,” ungkap Politisi PDI Perjuangan itu kepada Koresponden.

Sebagaimana dijelaskan oleh Edhy Sudaryanto selaku Kepala Dinas Pertanian Grobogan, pihaknya dalam hal ini menugaskan tim secara serentak untuk melaksanakan Gerakan Pengendalian Hama Wereng Batang Coklat tersebut. Petugas yang hadir hari ini adalah Tim BPP Kec. Gubug, hingga Koordinator POPT. Ungkap Edhy Sudaryanto Kepala Dinas Pertanian Grobogan.

 Sesuai laporan lapangan tanaman yang terkena hama adalah Padi Sawah Varietas: Inpari32, Inpari64 umur: 50 s/d 70 hst, luas. : 30,8 ha, populasi hama: 20 sd 25 ekor/rumpun, intensitas serangan: 16,6%, dan luas serangan: 8 ha.

“Hari ini Dinas Pertanian Kab. Grobogan sudah memberikan obat-obatan kepada warga, sehingga bisa dimanfaatkan oleh petani guna menghilangkan hama secara sementara. Rencana tindaklanjut yaitu pengamatan rutin serta pengendalian lanjutan dengan metode yang sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman  pelestarian tanaman alami,” tutup Sri Sumarni.

Koresponden : Nanang – Faisal

Baca Juga :   Dukung Rekonstruksi dan Festival Pertunjukan Srandil, Rober: Untuk Promosikan Keragaman Seni Budaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here