Kembali ke Tanah Air, Bupati Tiwi Minta Jamaah Haji Jaga Kemabrurannya

0

Kabupaten Purbalingga – Jamaah haji asal Purbalingga dari kloter 42 kembali tiba ke tanah air dan transit di Asrama Haji Donohudan, Sabtu 13 Agustus 2022, pukul 22:42 WIB. Sedangkan dari kloter 43 tiba pada Minggu (14/8/2022).

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ, yang akrab disapa Tiwi, Wakil Bupati Purbalingga, H. Sudono, S.T., M.T., masing-masing menjemput, serta menyambut kedatangan kembali Jamaah Haji Kloter 42 dan 43. Sekaligus mengantarkan kembali mereka ke Kab. Purbalingga.

Bupati Tiwi mengatakan,”selamat datang, Alhamdulillah, atas seizin Allah swt, bapak/ibu bisa kembali ke tanah air dalam keadaan selamat. Tentunya, ini wajib kita syukuri. Semoga, ibadah haji yang telah bapak/ibu laksanakan kurang lebih 40 hari diterima dan Insyaallah menyandang predikat haji dan juga hajjah yang mabrur dan mabrurah, ” tutur Bupati Tiwi, di Aula Muzdalifah, Embarkasi Donohudan.

Bupati Tiwi juga menyampaikan terimakasih kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Donohudan yang telah memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para jamaah haji Purbalingga, mulai dari proses persiapan keberangkatan hingga kepulangan.

Jamaah haji asal Purbalingga tiba ke tanah air melalui asrama haji Donohudan, Surakarta.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada para petugas haji, khususnya petugas kloter yang selama di tanah suci dengan ikhlas dan sabar memberikan pendampingan dan juga dukungan yang luar biasa,” imbuh Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerimaan dan Pemulangan Jamaah Haji PPIH, Embarkasi Donohudan, H. Khamdani, S.Ag, M.Ag kepada para jamaah haji mengingatkan, meskipun mereka sudah melaksanakan rukun haji, baik yang wajib, maupun sunnah dengan susah payah, namun yang lebih sulit adalah mempertahankan kemabruran haji itu sendiri.

Baca Juga :   Eksekutif dan Legislatif Kebumen Dengarkan Pidato Kebangsaan Presiden Jokowi

“Maka, kami memohon kepada seluruh jamaah haji untuk senantiasa menjaga kemabruran haji. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menjaga silaturahmi kepada sesama jamaah haji,” ungkapnya.

Silaturahmi kepada sesama jamaah haji bisa dilakukan dengan aktif bergabung dan mengikuti Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), baik di tingkat desa, maupun kabupaten. Sebab, salah satu program IPHI adalah melestarikan kemabruran haji sepanjang hayat.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Purbalingga, Muhammad Syafi’ menjelaskan, Jamaah Haji asal Purbalingga dari Kloter 42 yang semula berjumlah 206 orang yang berangkat ke tanah suci, pulang kembali ke Embarkasi Donohudan sebanyak 205 orang. Ada 1 jamaah haji yang tanazul atau pemulangan lebih awal bersama Kloter 33 karena sakit.

Total jamaah haji dari Kloter 42 yang pulang kali ini sebanyak 353 orang. Sebanyak 205 orang diantaranya dari Purbalingga, serta 148 orang dari Kota Surakarta.

“Sedangkan Jamaah Haji asal Purbalingga dari Kloter 43 yang semula berjumlah 39 orang yang berangkat ke tanah suci, pulang kembali ke Embarkasi Donohudan sebanyak 37 orang. Hal ini karena ada 2 orang jamaah haji dari Kloter 43 yang juga tanazul,” pungkasnya.

Koresponden : B Agung P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here