Kebangsaan Dalam Perspektif Iman

1
Komunitas Juang Kabupaten Temanggung gelar acara yasinan dan tausyiah

Kabupaten Temanggung – Kamis, 25 Februari 2021, bertempat di Madureso, Temanggung, Korps Komunitas Juang menyelenggarakan acara yasinan dan tausyiah. Acara ini merupakan sebuah rutinitas Korps dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Tuhan.

Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan tausyiah kali ini mengusung topik “Kebangsaan dalam Perspektif Iman”. Adapun diangkatnya pembahasan ini adalah dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan patriotisme anggota Korps sebagai anak ideologis yang memegang teguh ide-ide Bung Karno.

“Cinta tanah air adalah bagian dari keimanan atau Ukhuwah wathoniyah. Bahkan sejarah mencatat adanya resolusi jihad pada 10 November 1945 untuk melawan kolonialisme,” tutur Maslakha Arina.

Bagaimanapun juga, agama dan negara adalah dua hal yang saling berelevansi, karena Indonesia adalah negara yang ber-Ketuhanan. Pancasila merupakan ideologi negara yang secara implisit menyatakan bahwa Indonesia bukan negara sekuler.

Komunitas Juang Kabupaten Temanggung gelar acara yasinan dan tausyiah

Dalam konsepsi marhaenisme yang dicetuskan oleh Bung Karno, nilai-nilai Ketuhanan juga merupakan suatu hal yang penting dalam rangka mengaktualisasikan sosio-nasionalisme dan sosio-demokrasi. Oleh karena itu melandasi perjuangan bangsa dengan nilai-nilai agama juga merupakan poin yang mesti diperhatikan oleh seluruh elemen masyarakat.

Pada dasarnya, manusia diciptakan menjadi khalifah di muka bumi. Pemuda saat ini merupakan generasi penerus bangsa yang akan memegang estafet kepemimpinan negeri. Penting bagi pemuda untuk memahami dan mendinamisasi nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara dengan dogma-dogma agama.

Terlebih saat ini tidak sedikit ekstrimis baik kanan ataupun kiri yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain, padahal Pancasila adalah konsensus dalam berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Dengan keimanan yang kuat serta wawasan kebangsaan yang luas, diharapkan Kader Komunitas Juang tumbuh menjadi pemuda-pemudi yang siap mengabdi kepada Ibu Pertiwi.

Baca Juga :   Puskesmas Sebagai Garda Terdepan, H. Munawir Bagikan APD

Koresponden: Enggar

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here