Kasus Covid-19 Meningkat, Rustoyo: 5 M Jangan Lupa

0
Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Tegal, Rustoyo

Kabupaten Tegal – Kasus Covid-19 di Kab. Tegal mengalami peningkatan cukup signifikan sepekan terakhir. Kurangnya penerapan protokol kesehatan menjadi faktor utama penyebaran virus Corona tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Tegal, Rustoyo mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan menerapkan 5M, terutama di tempat keramaian seperti pasar, tempat layanan publik, dan ruang terbuka hijau.

“Saya tahu, masyarakat sudah jenuh dengan kondisi ini. Namun perlu diingat, bahwa  penerapan protokol kesehatan itu penting. 5 M jangan lupa, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dengan masyarakat,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyoroti Satgas Gugus Covid-19 Kabupaten Tegal agar bertindak tegas dan tidak leda-lede dalam menindak. Dirinya juga menekankan agar sinergitas Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan unsur terkait untuk bergerak bersama dalam menurunkan angka positif.

”Upaya Pemerintah Pusat dalam penanganan Covid-19, sudah sangat maksimal. Akan tetapi, Pemerintah Daerah perlu tindakan tegas dan tidak memandang kelas sosial. Selain itu perlu adanya pengawasan khusus di tempat keramaian, bila perlu ada petugas khusus yang di tempatkan di lokasi tersebut,” jelas Rustoyo yang juga Wakil Ketua DPRD Kab. Tegal.

Terkait kondisi meningkatnya Covid-19, dirinya menyesalkan karena secara khusus Fraksi PDI Perjuangan mendukung penuh akan adanya anggaran dalam penanganan Covid-19 yang jumlah lumayan besar. “Saya sangat prihatin dengan kondisi peningkatan pasien yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Tegal,” ucapnya.

Rustoyo meminta agar pasien yang terpapar Covid-19 di rawat dengan baik. Apalagi dengan varian baru yang penularannya lebih cepat. “Ini harus diwaspadai dengan melakukan langkah-langkah antisipasi, mengingat semakin melonjak jumlah pasien, namun serapan anggaran Covid-19 di Kab. Tegal  masih sangat minim. Harapannya, Satgas Covid-19 Kab. Tegal, bisa mengevaluasi kinerja serta memaksimalkan kinerja,” pungkasnya.

Baca Juga :   Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Brebes Lakukan Reses

Koresponden: Arif DN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here