Kader Komunitas Juang Rembang Rintis Budidaya Lele

0

Kabupaten Rembang – Salah satu kader Komunitas Juang Kab. Rembang angkatan VI yang bernama Zaenal Arifin menekuni usaha budidaya lele yang bertempat di Desa Kalitengah, Kec. Pancur, Kab. Rembang.

Sebelum memulai usaha budidaya ini, dirinya pernah bekerja di PT. Delta Dunia Sendang Textil Demak selama satu tahun. Selain itu, dirinya juga pernah mengikuti pendidikan Satpam Gada Pratama Polres Rembang. Bermodalkan pengalaman tersebut, dirinya memantapkan diri untuk membangun usaha mandiri melalui budidaya lele ini.

Motivasi yang kemudian muncul adalah karena dorongan kebutuhan hidup yang semakin dinamis, karena akan susah ketika tidak memiliki usaha secara mandiri. Selain itu, motivasi dan semangat tersebut dikuatkan melalui fenomena Pandemi saat ini. Dimana ketika masa-masa seperti ini lapangan pekerjaan menjadi semakin sempit.

Pria berumur 20 tahun tersebut menuturkan dengan menggunakan media terpal ukuran 2×4 m, dirinya sudah mampu menjalankan usaha budidaya lele dengan 1.000 ekor bibit. Bibit-bibit ini nantinya akan dipanen tiap tiga bulan sekali dengan memberikan kebutuhan pangan sebanyak 3x dalam sehari.

Menurutnya, pembudidayaan bibit lele ini susah-susah gampang dan tidak lantas memberi profit yang cukup besar. Untuk pemasaran, dirinya mulai menjual lele tersebut dengan kisaran harga Rp. 20.000 – Rp. 22.000. Dan karena belum mengetahui target pasar yang pasti, untuk sementara ini dirinya hanya menjual ikan lele tersebut untuk masyarakat sekitar rumah.

“Karena ini baru merintis, nantinya setelah lele laku semua saya akan menambah jumlah tempatnya, mungkin 3-4 terpal dan memperbesar ukuran terpal,” ucap Arif.

Arif juga menambahkan, dimasa sulit seperti ini tidak ada salahnya ketika mencoba untuk merintis usaha kecil menengah. Selain untuk mengisi waktu luang, tentunya perlahan akan dapat memberi pemasukan dan sebagai penggerak UMKM.

Baca Juga :   SAH! Sri-Bambang Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Grobogan

Koresponden   : Moh. Mozarudin