Kader Banteng Pati Solid Bergerak untuk Kemanusiaan

0
322

Kabupten Pati – Gotong royong untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19 dan melaksanakan Instruksi DPP Partai No. 1375 serta himbauan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Sukarnoputri, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pati bersama dengan Anggota DPRD Prov. Jawa Tengah, Komunitas Juang, PAC Kec. Tayu, para relawan dan kader Partai membuat dapur umum dan melaksanakan bakti sosial pada hari Senin, 14 April 2020, di wilayah Kecamatan Tayu, Pati.

Kegiatan bakti sosial berupa pembagian 1.000 nasi bungkus, 100 boks masker dan 7 ton beras untuk 540 ODP yang tersebar di desa se-Kecamatan Tayu. Dengan memberdayakan warung-warung kecil dan rumah makan yang saat ini menurun drastis penghasilannya, DPC PDI Perjuangan Kab. Pati menyiapkan nasi bungkus yang dibagikan. Sedangkan pendistribusiannya, dibagikan langsung oleh kader-kader Partai dan khusus untuk para ODP, pendistribusian menggunakan jasa pengemudi ojek.

“Sebagai Partainya wong cilik, kita harus peka dan mau jatuh bangun bersama masyarakat dalam keadaan apapun, terutama pada saat terjadi musibah seperti saat ini. Kita harus solid bergerak karena kita dicintai rakyat,” ujar Ali Badrudin selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Pati.

Menurut Ali, sebagai Partai pengusung Pemerintah, PDI Perjuangan mempunyai tugas dan beban moral yang tidak ringan. Meskipun Pemerintah sudah melakukan segala upaya yang terbaik dengan memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan serta kebijakan yang meringankan masyarakat, tetapi Pemerintah juga tidak akan bisa mengcover semuanya tanpa suport dan bantuan dari masyarakat. Ali menekankan bahwa kader PDI Perjuangan harus hadir di tengah masyarakat saat terdampak musibah khususnya karena pandemi Corona ini.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Alwin Basri yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian giat sosial yang telah dilakukan sebelumnya. Mulai dari sosialisasi hidup sehat dan siaga Corona, penyemprotan disinfektan dan pembagian sabun antiseptik, hand sanitizer, pembagian masker, nasi kotak serta sembako. Kegiatan tersebut sudah dilakukan beberapa kali dan di tempat yang berbeda.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Brebes Solid Bergerak Menuju Hidup Sehat

Sedangkan Endro Dwi Cahyono, Anggota DPRD Prov. Jateng yang ikut hadir pada bakti sosial ini mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat, lakukan social distancing dan physical distancing, bila harus keluar rumah selalu gunakan masker serta tetap jaga jarak dengan orang lain. Ikuti anjuran Pemerintah.

“Yang di perantauan tidak usah mudik dulu, yang sudah terlanjur mudik mohon untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Semoga wabah corona ini cepat berakhir, perekonomian bisa kembali normal seperti semula. Mari kita putuskan rantai penyebaran corona ini dimulai dari diri kita sendiri.” pesan Endro.

Koresponden: Catur SN