Kadarwati Ajak Pemuda Tidak Meninggalkan Budaya Bangsa

0
Foto: Kadarwati Memberikan Sambutan

Kabupaten Klaten – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Tengah, Hj. Kadarwati, S.H., M.H mengajak generasi muda untuk melestarikan warisan para leluhur, yakni Bersih Desa dan Sadranan.

Hal tersebut disampaikan Kadarwati saat memberikan sambutan dalam acara bersih desa dan sadranan yang menampilkan pagelaran Wayang Kulit di Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk, Senin (20/3/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Klaten Hj. Hartanti, S.H., M.Si., Kepala Desa Puluhan, Kepala Desa Bero, perangkat desa, Kader PDI Perjuangan, tokoh agama, tokoh masyrakat, dan warga masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kadarwati menyampaikan bahwa bersih desa dan sadranan dengan menampilkan pagelaran Wayang Kulit ini merupakan warisan para leluhur. Kegiatan ini baginya harus selalu dijaga supaya tidak tergerus oleh arus zaman.

Bersih desa dan sadranan merupakan salah satu bagian tradisi Jawa yang ditularkan turun-temurun oleh para leluhur. Selain itu, perlu diketahui bersama dengan adanya pagelaran Wayang Kulit ini kita menjaga budaya Jawa, karena cerita dalam pagelaran Wayang Kulit mempunyai nilai yang tinggi, baik sebagai tontonan yang menghibur masyarakat, maupun sebagai tuntunan di kehidupan masyarakat. Adapun cerita pakem pagelaran Wayang Kulit ini tentang kebaikan dan kejahatan yang pada akhir cerita dimenangkan kebaikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan itu mengajak para generasi muda untuk selalu belajar tentang kesenian dan budaya. Pihaknya juga akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian budaya seperti bersih desa dan kegiatan lain yang berkaitan degan budaya.

“Sebagai kader PDI Perjuangan, saya akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan budaya. Bung Karno dalam Trisakti mengatakan bahwa kita harus Berdaulat Dalam Politik, Berdikari Dalam Ekonomi, dan Berkepribadian Dalam Kebudayaan. Mari sebagai murid Bung Karno kita harus selalu melestarikan dan belajar tentang kebudayaan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Yunianto Dorong Tercipta Kematangan Demokrasi Melalui Pemilu

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here