Jaga Kelestarian Alam, Ali Badrudin Desak APH Tertibkan Tambang Ilegal

0
Foto: Ketua DPRD Kab. Pati, Ali Badrudin

Kabupaten Pati – Ketua DPRD Kab. Pati, Ali Badrudin mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk menertibkan Tambang Galian C ilegal. Menurutnya, selain merusak alam sekitar, keberadaan tambang ilegal juga tidak memberikan kontribusi pendapatan daerah dari setor pajak.

“Bagi kami, tambang yang tidak berizin atau ilegal yang ditertibkan dan saya mendukung ketika APH dalam hal ini menyoroti hal tersebut. Istilahnya, daerah ini hanya menerima getahnya tidak mendapatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) nya atau pajaknya,” ujar Ali Badrudin.

Senin (07/11/2022), bertempat di Kantor DPRD Kab. Pati, lantas Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Pati itu menyoroti betul bagaimana dampak negatif yang kemudian muncul dari banyaknya tambang-tambang seperti ini, dan sangat merugikan.

Ia juga menambahkan, bahwa kewenangan atau kepengurusan tambang yang berada di tangan pemerintah pusat, membuat DPRD Pati bersama dengan pemkab tidak bisa berbuat banyak. Meskipun demikian, dirinya mengaku akan terus mengupayakan agar tambang ilegal dapat ditertibkan.

“Tambang ini kan sudah diatur oleh Pemerintah Pusat, yang mana daerah ini tidak bisa memberikan izin”, jelasnya.

Sehingga lebih lanjut, Ali Badrudin menyebutkan, bahwa dengan adanya penertiban diharapkan dapat menjaga kelestarian alam lingkungan sekitar serta mengurangi risiko bencana alam.

“Seperti Polresta Pati kemarin melakukan razia besar-besaran menangkap para penambang ilegal ini, kemudian alat beratnya disita, lalu diamankan di Polresta, ini saya mendukung. Untuk agar tidak muncul penambang liar terus merusak lingkungan, kan harus mengikuti aturan yang ada,” tandasnya.

Koresponden : Ita

Baca Juga :   Rober Terima 599 Mahasiswa untuk Program KKN di Karanganyar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here