Hendi Tekankan Idul Adha Jadi Momentum Saling Bantu Sesama

0
Foto: Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bagikan bantuan sosial

Kota Semarang – Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah yang jatuh pada 20 Juli mendatang, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengeluarkan kebijakan khusus yang berkaitan dengan penyembelihan hewan kurban. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

Hendi,sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu menuturkan, bahwa ada dua dimensi penting dalam peringatan Hari Raya Idul Adha. Pertama, ketaatan menjalankan ketentuan ibadah yang mengikuti prosedur syariat, dan kedua, terkait aspek sosial yang sepatutnya memperhatikan kemaslahatan dan mencegah mudarat atau kerugian.

Foto: Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bagikan bantuan sosial

“Karena kurban adalah merupakan suatu proses, dari orang beli, kemudian pada hari H nya dilakukan penyembelihan, dan yang kedua sesuai dengan konsep bergerak bersama, di mana orang yang mampu membantu yang tidak mampu,” ujar Hendi belum lama ini.

Dirinya melanjutkan jika dalam konteks Hari Raya Idul Adha yang berkaitan untuk kepentingan sosial, kita harus bisa menjawab persoalan sosial.

“Hari ini kita sedang dalam kondisi pandemi, maka ada dampak yang dialami masyarakat. Oleh karena itu, semakin banyak kurban semakin banyak warga yang akan mendapatkan bantuan,” imbuhnya.

Foto: Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bagikan bantuan sosial

Terkait pencegahan penularan Covid-19, Hendi menekankan khususnya dalam hal penyembelihan kurban harus betul-betul memperhatikan upaya menekan risiko penularan Covid-19.

“Yang penting teknisnya, jangan sampai penyembelihan terjadi kerumunan dan menjadi kluster baru. Atau ada juga teknis yang lain dilakukan dengan model menyerahkan ke salah satu perusahaan pengalengan, sehingga dibagi dalam bentuk daging kaleng,” pungkasnya.

Koresponden : WP

Baca Juga :   Ranting Desa Terban Kudus Berikan Santunan Yatama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here