Hartanto: Pentingnya Merawat Kebhinekaan Dalam Menjaga NKRI

0

Kabupaten Klaten – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hartanto bersinergi dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klaten, menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan, yang diikuti oleh 40 orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita, Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Minggu (21/11/2021).

Kegiatan wawasan kebangsaan penguatan dan pengembangan Ideologi Pancasila, dengan mengusung tema “Merawat Kebhinekaan Menjaga NKRI” tersebut, diikuti oleh unsur tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta Mahasiswa Kab. Klaten. Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancer, serta dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Rangkaian kegiatan sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan, yang diselenggarakan oleh H. Hartanto

Dalam giat tersebut, Hartanto mengatakan, Pancasila adalah pilihan tepat untuk selalu dijadikan pandangan hidup dan Ideologi Negara, maka diperlukan sinergitas antara Pemerintah, serta unsur masyarakat yang terus terjalin dengan baik, dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

“Ideologi ditanamkan oleh para pendiri bangsa, jauh hari sebelum Negara Indonesia merdeka. Hal ini dimaksudkan, agar Pancasila dapat menjadi pondasi yang kokoh bagi tegak dan berdirinya NKRI, yang secara kodrati di dalamnya bermukim berbagai ciri kebhinekaan, paham keagamaan, pandangan politik, kehidupan sosial, adat dan tradisi budaya,” tuturnya.

Hartanto menambahkan, Pancasila sengaja digali dan mencermati perkembangan kondisi sebagian masyarakat dewasa ini, menunjukkan kecenderungan perilaku yang semakin jauh dari pengamalan Ideologi Pancasila. Kegiatan ini diharapkan, dapat memberikan pencerahan, serta pemahaman kepada masyarakat secara lebih mendalam terhadap pentingnya nilai-nilai luhur Pancasila bagi perjalanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini dapat terus menjaga nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain, mengembangkan sikap toleransi, serta menyuburkan proses pembauran antar seluruh elemen. Selain itu, dengan mengamalkan pemahaman kita terhadap wawasan kebangsaan, dapat terwujud kehidupan masyarakat Kab. Klaten yang rukun, damai, solid, dan harmonis, demi terwujudnya kondusivitas wilayah, persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkas Hartanto, yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten.

Baca Juga :   Mbak Eisti: Mari Bangkit Bersama DEKRANASDA

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here