Hamenang Lantik Saka Adhyaksa Pemilu Masa Bakti 2021-2026

0

Kabupaten Klaten – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, S.I.Kom melantik Badan PengawasPemilu (Bawaslu) menjadi Saka Adhyasta Pemilu masa bakti 2021-2026. Kegiatan dilaksanakan di Aula Sanggar Bakti Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klaten, Senin (20/9/2021).

Hadir dalam acara pelantikan tersebut antara lain, Ketua Bawaslu Kab. Klaten, Arif Fathurrokhman, S.IP, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Klaten, Pengurus Saka Adhyasta Pemilu, baik Anggota Majelis Pembimbing, Pimpinan, Pamong, Instruktur, serta tamu undangan.

Hamenang Wajar Ismoyo menghadiri, sekaligus melantik Saka Adhyasta Pemilu masa bakti 2021-2026.

Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan, Saka Adhyasta Pemilu adalah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (Pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan, serta keterampilan praktis dalam bidang pencegahaan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan Pemilu.

“Alhamdulilah keluarga besar pramuka Klaten bertambah lagi, karena secara resmi, saya selaku Ketua Kwartir Cabang gerakan Pramuka Klaten melantik Bawaslu Klaten menjadi Saka Adhyasta Pemilu,” tuturnya.

Hamenang Wajar Ismoyo, yang juga Wakil Ketua Bidang Politik dan Komunikasi DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten menambahkan, Gerakan Pramuka adalah bersifat non politik. Maka, tidak layak membawa lembaga ini ke dalam kancah politik, maupun yang bersifat politik praktis.

“Meskipun setiap anggota gerakan pramuka memiliki hak suara, namun pada praktek gerakan Pramuka dituntut tetap netral. Tidak memposisikan Kwartir/gugus depan/satuan karya dalam dukung – mendukung atau memihak pada salah satu peserta Pemilu,” imbuhnya.

Maka dari itu, sudah sewajarnya Bawaslu menggandeng gerakan Pramuka dalam upaya penegakan demokrasi, khususnya dalam mengawal terselenggaranya pengawasan Pemilu sampai tercipta Pemilu yang berintegritas.

Hamenang juga mengajak, sebagai anggota gerakan Pramuka harus selalu tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, serta tetap berusaha membantu masyarakat yang memerlukan pertolongan. Jangan pernah menyerah, serta berputus asa. Pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Kabupaten Magelang Bagikan Tumpeng ke TNI Polri

“Semoga dengan bergabungnya Bawaslu Kab. Klaten di keluarga besar Pramuka Klaten ini, nantinya dapat menambah semangat bersama, untuk mencetak generasi muda penerus bangsa yang semakin hebat, jujur dan mumpuni,” pungkas Hamenang Wajar Ismoyo, yang juga Ketua DPRD Kab. Klaten.

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here