Gencarkan Pendidikan Politik PUAN Indonesia, Baginda: Peran Perempuan Sangat Penting

0
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan

Kabupaten Pemalang – DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Tengah memberikan gemblengan kepada Kader Perempuan PDI Perjuangan di dua kabupaten yaitu Kabupaten Pemalang dan Pekalongan, bertempat di Foodpedia Gandulan Culinary Center (GCC) Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Minggu (17/10/2021).

Gemblengan kader yang dikemas dalam bentuk pendidikan politik mengangkat tema Perempuan Untuk Anak Negeri Indonesia (PUAN Indonesia) diikuti Fungsionaris DPC Perempuan, Anggota Fraksi Perempuan, Isteri-isteri DPC dan Fraksi, Departemen Wanita, serta PAC Perempuan yang berasal dari Pemalang dan Pekalongan.

Foto: Perempuan-perempuan PDI Perjuangan Kabupaten Pemalang dan Pekalongan

Adapun dari DPD Partai nampak hadir Dede Indra Permana Sudiro, Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan dan dr. Messy Widyastuti. Adapun sebagai narasumber dalam pendidikan politik ini adalah dari DPRD Provinsi Jawa Tengah Hj. Irna Setiawati dan dr. Messy Widyastuti.

Pada setiap sesi kegiatan ini, panitia berkali-kali memutarkan lagu Selamat Datang Kader Militan sebagai penyemangat peserta agar tidak ngantuk serta ceria. Selain itu panitia juga menyediakan doorprize berupa peralatan dapur, HP dan lain sebagainya yang diberikan oleh narasumber dengan memberikan pertanyaan seputar Pemilu dan Kepartaian.

Dalam sambutan mewakili DPD Partai, Abang Baginda menyebut peserta kegiatan ini dengan sebutan “PUAN” yang merupakan sebutan bagi nama perempuan, sebagai lawan dari kata “TUAN” yang diperuntukan bagi kaum laki-laki.

Dia menjelaskan, bahwa persoalan perempuan itu sangat penting, di mana sebelum Indonesia merdeka muncul para pahlawan perempuan yang berjuang hanya untuk wilayah tertentu. Pada tanggal 22 Desember 1928 muncul sebuah momentum yang bisa menyatukan seluruh perempuan indonesia, yaitu Kongres Perempuan Indonesia.

“Begitu arti pentingnya perempuan sampai-sampai Bung Karno-pun membuat buku yang berjudul “Sarinah” yang merupakan sosok yang pernah tinggal dengan Bung Karno, pernah merawat Bung Karno tanpa harus dibayar dan mengajarkan Bung Karno tentang cinta dan kasih. Cinta dan kasih terhadap ibunya, cinta dan kasih terhadap rakyatnya dan cinta dan kasih terhadap bumi,” katanya.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Pemalang Meminta Komitmen Calon Ketua DPRD Pemalang

Baginda berharap, makin gencarnya pendidikan kader perempuan, ke depan perempuan punya kemampuan dalam berpolitik. Isteri-isteri pengurus DPC dan isteri fraksi nantinya tidak hanya berkutat dibelakang, tapi juga mampu berkiprah dan ikut membesarkan Partai.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Pemalang, H. Junaedi selaku tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada DPD Partai dan seluruh peserta kader perempuan dari Pemalang dan Pekalongan. Ia berharap pendidikan politik ini bisa meningkatkan kemampuan kader perempuan PDI Perjuangan.

Koresponden : Agus Siswanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here