Gelar Sosialisasi Perda Pemajuan Kesenian, Hartanti: Kesenian Dapat Memperkokoh Jati Diri Bangsa

0

Kabupaten Klaten – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Klaten, Hj. Hartanti menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor : 13 Tahun 2019, Tentang Pemajuan Kesenian Daerah di Kecamatan Trucuk dan Kecamatan Karangdowo. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Pemerhati Seni, Kodim, serta Polsek, dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat, Sabtu (10/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Hartanti menyampaikan, Perda tersebut sangat menunjang kepentingan Desa. Masyarakat bisa menggali potensi desa, serta mengembangkanya sesuai dengan khasanah lokal yang ada di masing-masing desa tersebut. Selain itu, sosialisasi tersebut dilaksanakan, agar Perda tersebut bisa cepat diketahui dan dipahami oleh masyarakat sampai dengan tingkatan paling bawah.

Rangkaian kegiatan sosialisasi Perda tentang Pemajuan Kesenian yang diselenggarakan oleh Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Klaten, Hj. Hartanti

“Saya berharap, Perda tersebut juga bisa menjadi acuan yang menjadi dasar dalam melaksanakan perlindungan, pengembangan, serta pemanfaatan kebudayaan, khususnya dalam memberikan pelayanan publik di bidang kesenian di masa Pandemi Covid-19,” tutur Hj. Hartanti, yang juga Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten.

Hj. Hartanti menambahkan, Perda tersebut juga bertujuan, agar terdapat pelestarian kesenian, beserta keunikannya, dapat memperkokoh jati diri dan martabat bangsa, menumbuhkan wawasan kebangsaan, dan juga mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI. Selain itu, dengan adanya Perda Nomor 13 Tahun 2019 tersebut, akan dapat memperjelas ruang lingkup kewenangan pembangunan kebudayaan di Kab. Klaten agar tetap lestari.

“Dengan adanya Perda tersebut diharapkan, dapat menimbulkan rasa bangga bagi generasi muda untuk kemajuan seni yang saat ini mulai pudar, seperti, cokek an, jatilan, serta karawitan. Selain itu, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat melalui jalur seni dengan digelarnya wayang orang, ketoprak, karawitan, serta seni modern, seperti campursari dan dangdut. Semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir, agar pagelaran kesenian bisa kembali dilaksanakan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Sri-Bambang Lengkapi Syarat Pilkada dengan Tes Kesehatan

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here