Gelar Reses, Eko Susilo Siap Berdayakan Petani Kopi dan Kambing Etawa Menoreh

0

Kabupaten Magelang – Reses masa sidang kedua Tahun 2021, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Eko Susilo bertemu dengan para petani dan pelaku ekowisata di Lereng Menoreh Kab. Magelang. Kegiatan yang menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif di bidang pertanian kopi dan peternakan Kambing Etawa, dilaksanakan di Joglo Bima Borobudur Magelang.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Eko Susilo menggelar Reses bersama para pelaku ekonomi di Kab. Magelang

“Dalam kegiatan reses kedua ini, saya bertemu dengan para pelaku ekonomi kreatif yang mampu meningkatkan ekonomi di bidang pertanian dan peternakan. Terdapat dua kelompok petani dan peternak di kawasan Menoreh yang cukup potensial, yaitu Kopi Borobudur di Desa Majaksingi dan Ternak Kambing Etawa di Desa Ngargoretno, Salaman. Keduanya mampu mengembangkan menjadi daya tarik wisata, sehingga layak untuk didorong dan dikembangkan,” tutur Eko Susilo, yang juga Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Eko menambahkan, pihaknya akan mengusulkan program, baik dari Pemerintah, maupun CSR, untuk mendorong kegiatan di dua Desa wisata ini. Selain itu, dalam waktu dekat, Eko akan mengumpulkan para pelaku usaha kembali, agar lebih berkembang.

Sementara itu, Kepala Desa Ngargoretno, Salaman, Dodik Suseno mengungkapkan, pihaknya sudah membentuk Desa wisata di daerahnya. Salah satu tujuan wisatanya adalah peras susu Etawa. Selain itu, masyarakat Desa Ngargoretno, Salaman juga menjual atraksi yang dikemas menjadi daya tarik wisata.

Sesepuh Desa Majaksingi, Ismoyo, yang mengembangkan Kopi Borobudur menjelaskan, pihaknya mengelola lebih dari 2 hektar lahan Kopi. Saat ini, lahan kopi yang dikelola oleh Ismoyo sudah banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat pengolahan kopi.

Koresponden : Denisa

Baca Juga :   Deklarasi Damai Tokoh Masyarakat Dukung Pasangan MULYO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here