Fraksi PDI Perjuangan Kebumen Setujui Raperda APBD 2022

0
Foto: Anggota Fraksi PDI Perjuangan Kebumen, Adhitya Wishnu Bayu Aji

Kabupaten Kebumen – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kebumen menerima dan menyetujui Raperda APBD 2022 untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Raperda. Persetujuan tersebut disampaikan pada rapat paripurna yang digelar, Selasa (31/11/2021).

Bismillahirohmanirrohim dan penuh rasa tanggung jawab , Fraksi PDI Perjuangan dapat menerima dan menyetujui Raperda tentang APBD tahun anggaran 2022,” ucap Juru Bicara Fraksi, Adithya Wishnu Bayu Aji.

Bayu memaparkan, sebagaimana yang telah disampaikan dalam laporan Badan Anggaran, sektor pendapatan pada tahun 2022 diproyeksikan sebesar Rp. 2.71 triliun. Angka tersebut lebih kecil dari proyeksi yang dicanangkan pada dokumen RKPD sebesar Rp. 2,81 triliun.

Terkait dengan belanja, tahun 2022 mendatang diproyeksikan sebesar Rp. 2,81 triliun yang mana lebih rendah dari proyeksi RKPD Tahun 2022 yang sebesar Rp. 2,96 triliun. Dengan selisih lebih dari 151 miliar ini, diharapkan tidak berdampak signifikan terhadap target-target pembangunan yang telah dicanangkan.

Meski telah disetujui, Fraksi PDI Perjuangan memberi sejumlah catatan. Antara lain lebih fokus untuk terus menggenjot PAD alih-alih terus mengharapkan sokongan dana transfer dari pemerintah pusat yang terus mengalami penurunan. Selain itu, salah satu yang patut dipertimbangkan adalah dimulainya digitalisasi di semua lini PAD.

“Mendatang harus dijadikan momentum kita bersama untuk berbenah demi peningkatan pendapatan asli daerah. Harus dilaksanakan dengan terus memperhatikan prinsip 3E yaitu efektif, efisien, dan ekonomis,” kata Bayu.

Lanjutnya, Fraksi PDI Perjuangan meminta agar tetap meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerjanya. Serta memperkuat pengawasan dan evaluasi di setiap perangkat daerah untuk memastikan bahwa orientasi akhir yang dituju oleh semua program.

“Menghimbau pemerintah daerah untuk kegiatan dan sub kegiatan sejalan dengan tujuan dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Bambang Pujiyanto: Hindari Penyebab Terkikisnya Akidah dan Akhlak

Koresponden : Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here