Eksistensi Baguna Sebagai Petugas Sosial-Kemanusiaan yang Dimiliki Partai

0
BAGUNA Kab. Temanggung membantu pemakaman jenazah pasien Covid-19

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka memaknai serta mengimplementasikan sisi sosial-kemanusiaan, Tim Baguna DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung melaksanakan Pemakaman di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung. Kamis (22/04/2021).

Baguna sendiri pada dasarnya merupakan sebuah badan yang dimiliki oleh PDI Perjuangan untuk bergerak utamanya di bidang sosial. Hal ini merupakan sebuah upaya memberikan langkah konkret sinergitas Partai terhadap masyarakat. Konfigurasi pengabdian yang dilakukan oleh Partai berlambang banteng moncong putih ini bukan hanya sebagai sebuah tagline belaka, akan tetapi benar-benar dilakukan untuk rakyat secara sistematis.

BAGUNA DPC PDI Perjuangan Kab. Temanggung

Menyikapi hal tersebut, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung juga merealisasikannya dengan menugaskan Tim Baguna untuk berpartisipasi aktif memakamkan Jenazah Almarhumah Ibu Suprihatin (57 Tahun). Diagnosa medis menyatakan jikalau almarhumah terjangkit virus Covid-19 sehingga mengharuskan pemakamannya dilakukan dengan SOP yang ketat. Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi sebuah kewajiban bagi petugas. Di sisi lain, keikutsertaan peziarah untuk memakamkan jenazah juga sangat tidak dianjurkan dengan harapan tidak terdapat potensi penularan baru.

“Kita tentu berharap Tim Baguna yang dimiliki oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung ini selalu siap bergerak di tengah rakyat, senantiasa membantu dan berpihak kepada rakyat. Tugas utama kita di sisi humanisme, sehingga perbedaan pandangan politik mesti dikesampingkan. Ini merupakan bentuk perjuangan Baguna dalam rangka mengabdi kepada Tanah Air dan Bangsa,” tutur Sutekno selaku Koordinator Baguna Kabupaten Temanggung.

Koordinator Baguna ini juga menambahkan bahwasanya menolong tidak boleh pilih kasih, sebab hal tersebut merupakan bentuk diskriminasi sosial serta mengintimidasi atas kondisi psikologis seseorang. Sebagai partainya wong cilik, PDI Perjuangan tentu berusaha untuk memberikan kontribusi positif kepada seluruh golongan dan lapisan masyarakat. Baguna yang menjadi bagian dari Partai ini tentu juga akan senantiasa berusaha mengimplementasikan konsepsi tersebut melalui setiap pergerakannya. Semakin banyak masyarakat yang merasakan partisipasi aktif, berarti eksistensi Partai yang dikenal pro terhadap rakyat kecil semakin jelas terbukti.

Baca Juga :   Wanuri Lakukan Bakti Sosial di Kecamatan Tanjung
BAGUNA Kab. Temanggung membantu pemakaman jenazah pasien Covid-19

Mengingat Pandemi Covid-19 yang masih mewabah di negeri ini, Sutekno juga berpesan kepada masyarakat untuk terus mentaati protokol kesehatan. Semakin masifnya ketaataa terhadap protokol kesehatan ini tentu akan memberikan relevansi terhadap penurunan kuantitas pasien yang terjangkit Covid-19 khususnya di Kabupaten Temanggung.

“Jangan pernah lupa untuk senantiasa mengenakan masker. Cuci lah tangan setelah melakukan kegiatan. Menjaga jarak dalam beraktivitas. Tidak sampai di situ, masyarakat kami harapkan juga mengurangi mobilitas jika hal tersebut tidak begitu penting serta tidak memiliki urgensi. Di sisi lain, jangan menciptakan kerumunan, karena hal ini sangat riskan terhadap proses penularan Covid-19,” pungkasnya.

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here