DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Beri Pelatihan Budidaya Hidroponik

0
Foto: Pelatihan Budidaya Hidroponik DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah

Kota Semarang – Sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan dan memanfaatkan lahan di sekitar rumah, DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah menggelar pelatihan untuk perlombaan budidaya Hidroponik yang difokuskan untuk masyarakat di wilayah Kec. Semarang Timur, Minggu (28/3/2021).

Turut hadir, Agustina Wilujeng Pramestuti selaku Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Dyah Kartika Permanasari selaku Koordinator Pelatihan dan Lomba Budidaya Hidroponik, Wakil Walikota Semarang Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu (yang biasa disapa Mbak Ita), Nurul Hidayati Camat Semarang Timur, Lurah se-Kec. Semarang Timur, serta peserta lomba Budidaya Hidroponik.

Foto: Penyampaian Mbak Ita dalam Memberi Pembekalan pada Peserta

Pelatihan budidaya Hidroponik ini berlangsung di Panti Marhaen Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Kemudian, sebagai bekal lomba nantinya juga gratis dan peserta lomba mendapatkan fasilitas kucuali penyangga dan ember tandon dengan harapan agar diusahakan sendiri oleh peserta untuk dinilai kreativitasnya.

Mbak Ita, dalam penyampaiannya begitu menekankan kepada para peserta untuk memperhatikan tiap langkah yang telah dijelaskan. Menurutnya, tidak sulit ketika ingin melakukan konsep urban farms ini. Prinsipnya memang harus sabar, telaten, dan tidak mudah panik.

Foto: Bekal kepada Peserta Pelatihan Budidaya Hidroponik DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah

Setelah itu Dyah Kartika Permanasari mengungkapkan,” lomba ini nantinya adalah lomba antar kelompok. Masing-masing kelompok mewakili Kantor kelurahan atau kecamatan. Satu kelompok beranggotakan 3 orang dan akan diikuti oleh 11 kelompok. Namun jauh sebelum itu kita memang sengaja memberikan pelatihan ini sebagai bekal utama mereka,” ungkapnya.

Ketua panitia perlombaan itu pun menekankan, bahwa pelatihan dan lomba budidaya Hidroponik kali ini penting. Mengingat hal ini dijadikan sebagai program pengabdian masyarakat dalam rangka peringatan HUT ke-48 PDI Perjuangan. Ia juga meminta pasca pelatihan ini diharapkan para peserta bisa mempraktekan ilmu yang didapat.

Baca Juga :   PAC PDI Perjuangan Se-Kabupaten Temanggung Tanggap Covid-19
Foto: Penyerahan Simbolis Perkakas Bekal Perlombaan kepada Peserta

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan terkait penilaian lomba, “penilaian lomba dimulai dari sekarang dan sampai masa panen atau terhitung kurang lebih 5 minggu dari sekarang. Untuk kriterianya dilihat dari kesuburan, kelengkapan tanaman, kreativitas, serta kekompakan,” tambahnya.

Adapun pada perlombaan ini nantinya akan diperoleh 3 juara dengan masing-masing memperoleh Rp. 2.000.000 untuk Juara satu, Rp. 1.7500.000 untuk Juara 2, dan Rp. 1.250.00 untuk Juara 3.

Penulis : Tim Editor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here