DPC PDI Perjuangan Kebumen Gencarkan Semangat Nasionalisme Melalui Nilai Budaya

0
Foto: Tari Gambyong Mengiringi Pembukaan Agenda Kerja Partai di Kantor DPC PDI Perjuangan Kebumen

Kabupaten Kebumen – DPC PDI Perjuangan Kebumen terus berkomitmen merawat semangat nasionalis dengan menumbuhkan serta memberdayakan nilai-nilai kebudayaan. Kebudayaan sebagai sumber kearifan lokal dinilai sebagai perekat persatuan segenap energi bangsa yang mulai ditinggalkan bahkan kian menghilang akibat lunturnya semangat nasionalisme.

Tak jarang, dibawah komando DPC PDI Perjuangan Kebumen, Saiful Hadi kerap menghadirkan beragam pertunjukan budaya dalam setiap agenda kerja Partai. Pada beberapa kesempatan, biasanya dua penari tampak piawai membawakan Tari Gambyong setiap mengiringi pembukaan agenda kerja Partai di Kantor DPC PDI Perjuangan Kebumen.

“Dalam memaknai semangat nasionalisme, bisa kita ditumbuhkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan nyata dengan berbudaya. Sebagai entitas bangsa, tentunya kita harus bangga memiliki beragam seni budaya karena tidak dimiliki oleh bangsa lain,” terang Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen, Saiful Hadi, Kamis (10/6/2021).

Langkah ini, lanjut Saiful, merupakan penjabaran konsep nilai dasar ajaran Trisakti Bung Karno, di mana budaya menjadi bagian penting kekuatan suatu bangsa.

“Kita sedang mengamanlkan dan tidak terlepas atas ajaran Bapak Proklamator yakni berdaulat di bidang politik, berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih mengapresiasi upaya yang dilakukan. Hal ini dinilai dapat memunculkan embrio baru untuk mencintai budaya sendiri. Ia mendukung penuh pola pembangunan daerah yang dibangun dan digali dari nilai budaya.

“Kita punya tugas untuk menumbuhkan berkepribadian dalam kebudayaan. Dalam keseharian, juga harus mencerminkan budaya ketimuran seperti gotong-royong dan toleransi yang dituangkan dalam sebuah seni dan budaya,” kata Rista yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan.

Bagi Rista, budaya daerah sebagai kearifan lokal atau local wisdom perlu digaungkan, karena cukup relevan dengan kondisi bangsa yang tengah menghadapi gerbang globalisasi dan modernisasi.

Baca Juga :   Koresponden Derap Juang Kabupaten Tegal Ikuti Bimtek Jurnalistik

“Kita harus punya jati diri agar tidak terhempas oleh gelombang kemajuan zaman. Outputnya tentu untuk membentuk karakter atau kepribadian. Sesuai visi misi kita, tidak hanya sejahtera tapi juga ada poin berakhlak,” pungkasnya.

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here