Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) I Tahun 2020 dan HUT ke 47 PDI Perjuangan di J-EXPO Kemayoran Jakarta Pusat. RAKERNAS tersebut diikuti oleh 4731 peserta yang mewakili tiga pilar partai yaitu struktural, eksekutif, dan legislatif partai. Salah satu rangkaian acara RAKORNAS I dan HUT 47 kali ini diadakannya pameran kekayaan rempah nusantara yang bertajuk “Perjalanan Rempah-rempah Indonesia”. Pameran digelar selama 3 hari pada 10-12 Januari 2020 sekaligus RAKERNAS I yang mengambil tema “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional”.

Dalam kesempatan ini, PDI Perjuangan mengikuti ajang pameran rempah-rempah produk “wedang uwuh” hasil binaan UMKM DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang yang berada di Ungaran. Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan rempah-rempah manis jangan, cengkeh, daun pala, dan gula batu yang disajikan panas atau hangat dengan warna merah cerah dari kayu manis dan harum dari aroma khas rempah dan pedas aroma jahe.

Saat ditemui di sela-sela acara RAKERNAS, Bondan Marutohening selaku sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang yang juga ketua DPRD mengatakan “tujuan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang mengikuti pameran yaitu kami bersama membantu pengembangan produksi UMKM berbasis rempah-rempah untuk mewujudkan kemandirian UMKM Kabupaten Semarang dan juga produk tersebut berorientasi pemberdayaan masyarakat, sehingga pengusaha dan tenaga kerjanya dari lokal daerah pun pemberdayaan ekonomi kerakyatan dapat terwujud dan harus banyak dilakukan inovasi-inovasi dan kreativitas untuk membuat variasi produk khas daerah agar diterima pasar sesuai dengan tren dan perkembangan jaman.”

Ruang pameran yang berada di Hall C JIEXPO Kemayoran, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang berada di Stand Rempah Nusantara C2-027. Stand tersebut banyak dikunjungi pengunjung yang ingin mencicipi minuman khas wedang uwuh.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan dari DPRD Kalimantan Barat memborong berbagai produk UMKM Binaan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Kendal Ikuti Webinar Taruna Merah Putih

Bapak Alex selaku anggota DPRD Kalimantan Barat, saat diwawancarai menyampaikan “saya melihat ada misi yang sangat bagus dilihat dari perspektif aneka ragam nusantara karena produk-produk local itu sangat baik, dan tetapi sekarang ini tidak semua pasarannya bisa diekspose, karena keterbatasan pendanaan dan peminatnya masih kecil, tetapi perlu menjadi catatan penting bahwa mestinya kita menguptrading kedepan bahwa produk-produk lokal itu menjadi sesuatu yang sangat strike kedepan sehingga menjadi produk nasional berkualifikasi. Oleh karena itu, kami sebagai peserta RAKERNAS I yang diundang ke Jakarta sangat mengapresisasi dan kami berharap RAKERNAS berikutnya lebih mempertajam, lebih memberikan komitmen yang khusus terhadap produk-produk local dan sejenisnya, bisa dipasarkan ditingkat internasional” demikian pungkasnya.


Koresponden: Heru Prasetya