“Do’a Ibu Snack”, Usaha Makanan Ringan Milik Mas Topik

0
174

Kabupaten Tegal – Berbagai macam bentuk usaha mikro yang berada di wilayah Kabupaten Tegal. Banyak pelaku usaha yang bergerak di bidang pengrajin, konveksi, serta kontruksi. Kali ini, salah satu Kader sayap PDI Perjuangan Kabupaten Tegal, Nurtopik menjalankan usaha makanan ringan. Nurtopik berasal dari Desa Harjosari Lor, Kecamatan Adiwerna, Kab. Tegal.

Nurtopik kini tinggal di desa Ujungrusi bersama 4 anak dan 1 istri. Mas Topik, sapaan akrab Nurtopik merupakan Wakil Ketua Bidang Pemuda Dan Mahasiswa PC Baitul Musilimin Indonesia Cabang Kabupaten Tegal yang saat ini menggeluti usaha dibidang makanan ringan. Toko makanan ringan milik Mas Topik yang diberi nama “DOA IBU SNACK” tersebut menyediakan Krupuk Glopot, Makroni, Kripik Pisang, Kue Semprong, Pilus dan lain sebagainya. Mas Topik menjalankan usaha tersebut kurang lebih selama 5 tahun. Usaha yang merupakan warisan turun temurun dari keluarga sang istri tersebut berlokasi di Jalan Raya II Ujungrusi-Slawi, Kabupaten Tegal.

“Dalam menjalankan usaha ini, saya dibantu oleh 7 orang karyawan dalam proses produksi, diantaranya, 2 orang khusus memproduksi semprong, dan 5 orang memproduksi kripik. Selain itu, saya juga dibantu oleh istri saya dalam melayani pembeli di toko,” ujar Mas Topik yang juga Pengurus PBVSI Kabupaten Tegal.

Mas Topik menambahkan, selama masa Pandemi Covid-19, Mas Topik beserta karyawan hanya memproduksi snack makanan ringan 2 hari dalam 1 minggu. Padahal, sebelum masa Pandemi Covid-19, Mas Topik beserta karyawan mampu memproduksi makanan ringan 4 hari dalam 1 minggu. Menurutnya, Pandemi Covid-19 tersebut sangat berdampak kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya para pelaku usaha di Kabupaten Tegal.

”Saya memahami dampak dari Pandemi Covid-19 bagi para pelaku usaha, terutama bagi pelaku usaha ekonomi mikro. Maka dari itu, saya bersama rekan PC Baitul Muslimin Indonesia Cabang Tegal bergotong-royong dalam membantu memasarkan usaha mikro yang dimiliki oleh anggota PC Baitul Muslimin Indonesia Cabang Tegal dengan memanfaatkan media sosial yang ada.” tutup Ustadzah Nok Farkhatun Misbah, PC Baitul Muslimin Indonesia Cabang Tegal yang juga Wakil Ketua Bidang Pertanian DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Baca Juga :   Hadiri Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia, Puan Maharani Kenakan Pakaian Adat Tengkuluk Bai Bai Jambi

Koresponden : Arif DN