Diskusi Santai Mahasiswa PPI Bersama Wakil Ketua DPRD Jepara

0
Foto: Diskusi Mahasiswa PPI Bersama Wakil Ketua DPRD Kab. Jepara, Drs. H. Junarso

Kabupaten Jepara – Beberapa Mahasiswa Pemikiran Politik Islam angkatan 2018 yang saat ini magang di DPC PDI Perjuangan Jepara mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan Wakil Ketua DPRD Kab. Jepara, yakni Drs. H. Junarso, Kamis (11/2/2021).

Pada kesempatan itu, Mahasiswa Pemikiran Politik Islam yang beranggotakan lima mahasiswa yang di antaranya Endang Susanti, Hamam Nasirudin, M. Salahudin Abdul Jabar, Nur Laila Fitriyani, dan Saiqotul llmiyah datang langsung ke Gedung DPRD Jepara untuk berdiskusi.

Foto: Diskusi Mahasiswa PPI Bersama Wakil Ketua DPRD Kab. Jepara, Drs. H. Junarso

Tujuan mereka berdiskusi langsung dengan Wakil Ketua DPRD adalah untuk menggali informasi dan pengetahuan seputar DPRD dan peran Fraksi di DPRD Kab. Jepara. Pada kesempatan ini pun Junarso menjelaskan bahwa fungsi DPRD ada tiga; yaitu anggaran, pengawasan, dan legislasi. Sedangkan untuk Fraksi merupakan kepanjangan tangan dari partai politik yang tidak masuk dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Untuk mencapai suatu tujuan, partai politik menugaskan anggotanya yang ada di Fraksi DPRD untuk memperjuangkan tujuan yang telah dibuat tersebut. Partai yang suaranya besar cenderung akan menguasai legislasi, karenanya sebuah partai berjuang mendapatkan banyak kursi di DPRD agar tujuan yang diperjuangkannya dapat tercapai.” Jelas Junarso.

Foto: Diskusi Mahasiswa PPI Bersama Wakil Ketua DPRD Kab. Jepara, Drs. H. Junarso

Dari penjelasan yang diutarakan Junarso dalam diskusi tersebut membuat mahasiswa PPI menjadi lebih paham akan fungsi DPRD dan peran Fraksi di DPRD. Sehingga hal ini yang selanjutnya memberi manfaat positif untuk seluruh mahasiswa itu.

“Kami memanfaatkan waktu magang kami untuk menggali banyak informasi seputar partai politik. Jadi kesempatan untuk bisa berdiskusi langsung dengan Wakil Ketua DPRD Jepara merupakan kesempatan yang tak boleh dilewatkan,” ungkap Saiqotul Ilmiyah salah satu mahasiswa.

Baca Juga :   Kampanyekan Politik Kemanusiaan, Kader PDI Perjuangan Purbalingga Ikuti Donor Darah

Koresponden : Agus Budianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here